Tahun Ini PLN Mulai Bangun PLTU Mulut Tambang

Author : Franki Dibuat : Jun 14, 2017

 Tahun Ini PLN Mulai Bangun PLTU Mulut Tambang
Listrik Indonesia |  Perusahaan Listrik Negara ( PT PLN/ Persero) mempunyai strategi untuk mengembangkan dua hingga tiga pembangkit listrik mulut tambang sepanjang tahun ini, hal tersebut diungkap Sofyan Basir, Direktur Utama PT PLN di saat usai rapat tertutup dengan DPR, di Senayan, Jakarta, (13/06).

Dirinya memastikan, pengembangan terhadap pembangkit mulut tambang akan mulai dilakukan pada tahun 2017 ini. "Tahun ini, dan saya pastikan sudah ada IPP (Independent Power Producer) mulut tambang," tambahnya.

PLTU mulut tambang tersebut, lanjut Sofyan, nantinya akan memiliki kapasitas daya sekitar 2x100 Megawatt (MW) dan 2x300 MW yang berlokasi di Kalimantan dan Sumatera.

"Mungkin dibangun 2 - 3 PLTU. Kapasitasnya ada 2x100 MW, 2x300MW. Nanti penunjukan langsung, beauty contest. Dibangun di Sumatera sampai Kalimantan," imbuhnya.

Meski begitu, mantan Dirut Bank BRI ini belum dapat memastikan siapa IPP yang akan membangun PLTU mulut tambang tersebut. 

"Proyek ini menggunakan beauty contest dengan peserta terbatas yang ditunjuk langsung oleh PLN," 

Lebih jauh ia mengungkapkan, ada beberapa kriteria yang akan dilihat Perseroan untuk memilih mitra pengembang PLTU mulut tambang. 

"Dilihat dari kalori batubara, dari jumlahnya, strategisnya, dan tempatnya. Sebab, sekarang banyak yang mau dinilai dengan PLN," tandasnya. (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top