Tambahan Kapasitas Pembangkit, Penjualan Listrik PLN Naik 3,1%

Author : Franki Dibuat : Oct 17, 2017

Tambahan Kapasitas Pembangkit, Penjualan Listrik PLN Naik 3,1%
Listrik Indonesia | Tren pertumbuhan penjualan listrik nasional meningkat 3,1% sepanjang September 2017, secara tahunan (year-on-year). PT PLN (Persero) mencatat penjualan listrik September 2017 mencapai 163,6 Terra Watt hour (TWh), sementara September 2016 lalu, sebanyak 158,6 TWh.
 
Menurut Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana, pertumbuhan penjualan tertinggi terjadi di wilayah Jawa Bagian Barat, khususnya Banten dan DKI Jakarta.
 
“Penjualan listrik wilayah Jawa Bagian Barat mencapai 39,4 TWh atau meningkat 2,8% dari September 2016 sebesar 38,3 TWh. Sedangkan, penjualan listrik di DKI Jakarta tumbuh 0,4% dan Banten naik sekitar 6,7%,” ungkap Dadan beberapa waktu lalu di Jakarta, (17/10).
 
Hal tersebut dipicu karena bertambahnya kapasitas pembangkit listrik PLN dan tambahan kapasitas dari pembangkit swasta di kedua wilayah tersebut, salah satunya yakni PLTU Banten 660 Megawatt (MW) yang telah beroperasi Maret 2017 lalu.
 
Ia menuturkan, meningkatnya penjualan listrik tentunya hal ini memberi sinyal positif bahwa konsumsi masyarakat berada di tingkat yang baik, sehingga dapat mendukung perekonomian nasional.
 
“Naiknya penjualan listrik PLN ini menjadi sinyal positif bahwa ekonomi Indonesia terus tumbuh dengan baik,” terang Dadan. (RG)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top