Tambang Emas Akan Dikelola Holding BUMN

Author : Franki Dibuat : Jun 5, 2018

Tambang Emas Akan Dikelola Holding BUMN
Listrik Indonesia | Pemerintah berencana akusisi saham di PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan target bisa mengambil alih 51% saham PTFI.

PT Inalum (Persero) saat ini masih melakukan negosiasi untuk membeli 40% hak partisiapasi tambang Grasberg, hak partisipasi akan dikonversi menjadi saham PTFI dan akan digabung dengan saham Freeport Mc Moran (FCX) yang akan dibeli oleh Pemerintah.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan, 40% hak partisipasi sudah siap dikonversi ke saham PTFI, Jonan berharap saham dari tambang Grasberg bisa diakusisi hingga 51% dan selesai pada Juni 2018. Dengan begitu, negara akan mendapat pembayaran pajak yang lebih besar dari PTFI.

“Semoga Juni proses akusisi selesai dan dapat memenuhi permintaan pemerintah yakni syarat perpanjangan,” ujarnya.

Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, dalam pengoperasian tambang Grasberg tergolong sulit, butuh penanganan khusus dalam memproduksi sumber daya tembaga dan emas yang ada pada tambang tersebut. Potensi cadangan emas terbukti sebesar 1.187 ton dan tembaga 19,4 juta ton. 

Dengan kompleksitas yang tinggi dan pertimbangan dari berbagai risiko holding BUMN tambang yang dipimpin Inalum tidak mau gegabah untuk mengakuisisi mayoritas saham Freeport. Inalum baru akan memberanikan diri mengajukan sebagai operator setelah kontrak Freeport selesai pada 2041.

“Nantinya, anak usaha holding BUMN tambang, yaitu PT Aneka Tambang Tbk bisa mengoperasikan tambang Grasberg,” tandasnya. (GC)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top