Teknologi LiFi dari Signify: Era Internet Nirkabel

Author : Franki Dibuat : Mar 9, 2019

Teknologi LiFi dari Signify: Era Internet Nirkabel
Listrik Indonesia | Sebuah temuan teknologi terbaru datang dari Eindhoven, Belanda, sistem Light Fidelity (LiFi). Teknologi komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi yang aman dan stabil menggunakan gelombang cahaya.

Implementasi teknologi LiFi, pada LED luminer yang mengaktifkan LiFi dari Signify menggabungkan lampu hemat energi berkualitas tinggi dengan kontrol nirkabel.

Di Bangalore India, Incubex, perusahaan penyedia ruang kantor, membuat ruang pertemuan yang dilengkapi LiFi untuk memungkinkan banyak usaha rintisan (start-ups) mengeksplorasi teknologi ini.

“Kami selalu aktif bereksperimen dan mempromosikan teknologi-teknologi baru. Untuk lebih dari 450 anggota kami di Manya Tech Park, dan lebih dari 3.500 anggota lain, menjadi yang pertama merasakan langsung teknologi baru ini. Sejauh ini, kami mendapat tanggapan yang luar biasa,” kata Alap Uttamchandani, pendiri Incubex.

Teknologi ini juga digunakan oleh Atea, perusahaan (IT) terkemuka di Norwegia, Orange (Perancis), dan  Republic Polytechnic, Singapura bagi para mahasiswanya.

Di Indonesia sendiri, Signify bersama IQ Education, menciptakan lingkungan belajar berteknologi tinggi bagi anak-anak usia 6 – 12 tahun. IQ bertujuan untuk menjadi tempat "ketiga" antara sekolah dan rumah.

"Pesatnya perkembangan digital di Indonesia, sebagai negara pengguna internet terbesar di Asia Tenggara, telah siap untuk menerima teknologi seperti LiFi,” ujar Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia. “LiFi akan mengubah cara kita mengakses internet cepat dan sangat aman.”

LiFi menawarkan komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi dua arah seperti teknologi nirkabel lainnya, menggunakan gelombang cahaya untuk mengirimkan dan menerima data. Luminer Philips yang dilengkapi LiFi dari Signify memiliki kecepatan koneksi broadband lebih dari 30 mbps tanpa mengorbankan kualitas cahaya. Ini memungkinkan streaming beberapa video berkualitas HD secara bersamaan sambil melakukan panggilan video.

Cara kerja LiFi, setiap luminer yang dilengkapi modem memodulasi cahaya untuk mengirimkan data. Cahaya yang dimodulasi dideteksi oleh kunci akses USB LiFi yang terpasang ke soket laptop atau tablet. Kunci akses USB LiFi mengembalikan data ke luminer melalui tautan inframerah.

LiFi menawarkan komunikasi berkecepatan tinggi, andal, dan stabil dan dapat digunakan di tempat-tempat yang resisten dengan frekuensi radio, seperti di rumah sakit dan pabrik, atau di mana teknologi nirkabel tidak terjangkau/lemah, seperti di area bawah tanah.

 Teknologi ini juga tepat untuk keamanan tingkat tinggi, seperti institusi keuangan atau layanan pemerintah. LiFi sangat aman karena cahaya tidak dapat menembus dinding solid dan garis pandang cahaya dibutuhkan untuk mengakses jaringan. (AM/Fr)

 

Tags : Teknologi
Terakhir disunting : Mar 9, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top