Tingkatkan Rasio Elektrifikasi di Jabar, PLN Tambah 319 Gardu

Author : Franki Dibuat : Feb 9, 2017

Tingkatkan Rasio Elektrifikasi di Jabar, PLN Tambah 319 Gardu
Listrik Indonesia, Bandung | PT PLN (Persero) melalui Distribusi Jawa Barat berencana meningkatkan rasio elektrifikasi Jawa Barat (Jabar) hingga 100 persen. Pasalnya saat ini rasio elektrifikasi di Jabar sekitar 96,8 persen.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jabar, Suargina mengatakan, masih terdapat sekitar 3,2 persen lagi untuk meningkatkan rasio elektrikasi di Jabar mencapai 100 persen. Pihaknya akan menambah akses listrik untuk 1.815 desa atau kampung di Jabar. "Kita akan bangun 319 buah gardu, 282,78 kms jaringan tegangan menengah, serta 600 kms jaringan tegangan rendah," ungkapnya belum lama ini di Bandung, Jabar.

Ia menambahkan, PLN Disjabar akan meningkat dan segera terealisasi di 2017 akan meningkat tajam. "Jumlah pembangunan infrastruktur kelistrikan serta wilayah yang akan dialiri listrik tahun 2017 ini direncanakan meningkat bila dibandingkan dengan realisasi tahun 2016," paparnya.

Ia menuturkan, pembangunan infrastruktur kelistrikan ini terus ditingkatkan karena target pencapaian Jabar kurang dari dua tahun lagi. Untuk realisasi Program Listrik Pedesaan di PLN Distribusi Jawa Barat pada 2016, lanjutnya, saat ini mencapai 243 desa / perkampungan. "Total gardu yang dipasang, ada 116 buah gardu serta total daya tersambung mencapai 7.700 kVA.  Sementara itu, kata dia, panjang jaringan tegangan menengah (JTM) yang berhasil dibangun sepanjang 87,69 kms dan panjang jaringan tegangan rendah sepanjang 375,94 kms. Total anggaran yang terserap untuk membangun gardu dan jaringan listrik dalam Program Listrik Pedesaan pada 2016 mencapai Rp 70,9 miliar," terangnya.

Wilayah kabupaten/kota yang menjadi prioritas PLN antara lain Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Indramayu, Cianjur, Majalengka, Sukabumi serta sebagian kecil wilayah di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

"Untuk daerah dengan rasio elektrifikasi terendah, kata dia, antara lain Pangandaran, Garut dan Tasikmalaya. Di wilayah Garut sendiri pada tahun 2016 tercatat 28 desa dari 16 kecamatan berhasil dialiri listrik dengan penambahan konsumen sebesar 1.482 pelanggan," tandasnya. (GF)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top