Tonjolkan Simbol Spiritual: Masjid Abdülhamid Han Kini Bersinar

Author : Franki Dibuat : Oct 24, 2017

Tonjolkan Simbol Spiritual: Masjid Abdülhamid Han Kini Bersinar
Listrik Indonesia - Turkey | Philips Lighting, perushaan terkemuka di bidang pencahayaan, baru-baru ini mengumumkan prestasi teranyar mereka dengan menerangi Masjid Abdülhamid Han di Kahramanmara, Turki.

Masjid Abdülhamid Han adalah masjid terbesar keempat di Turki yang mampu menampung 20.000 jamaah, didirikan di atas lahan seluas 3.600 meter persegi serta memiliki empat menara dan 32 kubah. Masjid yang dibangun antara tahun 1993-2011 ini dirancang oleh arsitek Hac? Mehmet Güner.

Penyinaran masjid yang menjadi simbol kota ini, ditujukan untuk selalu menampilkan keagungannya, baik di siang hari maupun di malam hari.

“Setiap kali saya memandang masjid ini, saya merasakan emosi yang berbeda. Pencahayaan baru ini menampilkan keindahan arsitektural bangunan dan menjadikannya kebanggaan kota," kata Mustafa Aksel Abacioglu, Kepala Departemen Survei dan Proyek di Pemerintah Kota Metropolitan Kahramanmara.

Untuk pencahayaan baru masjid, digunakan campuran lampu LED berwarna dan cahaya putih hangat. Untuk bagian eksterior, pilar-pilar masjid disinari dengan luminer Philips Vaya Flood LP RGB.

Menara-menara masjid diterangi dengan cahaya putih hangat yang dihasilkan oleh luminer Philips Vaya Flood LP G2, White & Mono LED sehingga menonjolkan keindahan bangunan arsitekturnya.

Philips Lighting Indonesia juga telah menyinari beberapa masjid di Indonesia. Pada 2016, Philips Lighting menyinari Islamic Center NTB di Mataram, Lombok, sebagai bagian dari penyelenggaraan MusabaqahTilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI. Seperti masjid di Turki, Philips Vaya Flood luminaires putih dan berwarna juga digunakan untuk menciptakan tampilan menarik di malam hari selama lomba berlangsung. Philips juga menerangi tiga masjid di Palembang, Sumatera Selatan, yaitu masjid Ki Muara Ogan, masjid Alghazali, dan masjid Lawang Kidul. (F/AM)

Tags : Teknologi
Terakhir disunting : Oct 24, 2017


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top