Uji Coba Biodiesel Untuk Kereta Api

Author : Franki Dibuat : Feb 13, 2018

Uji Coba Biodiesel Untuk Kereta Api
Listrik Indonesia | Demi mengurangi polusi udara dari pembakaran di lokomotof kereta api, Balai Yasa Lahat, Sumatera Selatan menguji coba biodiesel sebagai bahan bakar untul kereta api.

Melimpahnya potensi limbah sawit dari sisa proses pabrik kelapa sawit, dapat dijadikan biodiesel sebagai bahan bakar. Di Balai Yasa Lahat, Sumatera Selatan telah melakukan uji coba kepada kereta api dengan memanfaatkan bahan bakar biodiesel dari pemanfaatan limbah kelapa sawit.

Dadan Kusdiana, Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, menjelaskan, uji coba penggunaan biodiesel menjadi tolok ukur untuk penghematan bahan bakar. Tujuan penggunaan biodiesel antara lain untuk efisiensi di berbagai bidang, hingga berdampak positif pada anggaran.

Uji coba lokomotif biodesel ini akan dilakukan selama enam bulan, tentunya diharapkan bisa bermanfaat bagi perkeretaapian dan juga ekonomi nasional.

Ditjen Perkereta Apian Kementerian Perhubungan, Zulfikri mengatakan, “Kementerian Perhubungan dan ESDM menyambut baik uji coba ini, telah disiapkan empat lokomotif untuk uji coba biodiesel. Dengan menggunakan biodiesel kereta api lebih ramah lingkungan,” ujarnya. (GC)


 

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top