Waspada, Bahaya Korsleting Listrik Saat Libur Panjang

Author : Franki Dibuat : Dec 19, 2017

Waspada, Bahaya Korsleting Listrik Saat Libur Panjang
Listrik Indonesia | Mendekati libur panjang, tak sedikit kasus rumah terbakar yang sedang ditinggal pemiliknya untuk berlibur, kejadian ini bisa diakibatkan dari korsleting listrik. Berikut, Listrik Indonesia akan berbagi cara mencegah korsleting listrik di rumah.

Faktor Penyebab Korsleting Listrik
Listrik adalah hal yang penting dalam kebutuhan sehari-hari. Namun,  penggunaan yang berlebihan tanpa pengawasan yang benar dapat menyebabkan bencana, salah satunya adalah korsleting listrik. Korsleting listrik atau hubungan arus pendek, merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil yang mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Jika tidak ditangani bisa mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Penyebab terjadinya korsleting listrik cukup beragam. Penyebab paling sering adalah kelalaian manusia yaitu menyambungkan kabel tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, adanya penumpukan beban listrik yang berlebihan. Disamping itu, bisa jadi karena kabel listrik mengelupas dan menyebabkan saluran bertegangan menempel ke saluran netral.

Mencegah Korsleting Listrik
Pertama, menghindari penggunaan peralatan dengan beban kapasitas listrik yang berlebih.

Kedua, hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi yang apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas.

Ketiga, gunakan peralatan listrik yang berkualitas dengan standarisasi SNI atau LMK.

Keempat, Jangan biarkan plug atau tusuk kontak peralatan elektronik menetap pada stop kontak pada waktu yang lama.

Kelima, pada saat listrik padam, jangan letakkan lilin dekat dengan bahan yang mudah terbakar, seperti kasur, kayu, dan kain.

Ketujuh, tempatkan bahan-bahan yang mudah terbakar pada tempat khusus, bercampur dengan dengan bahan yang dapat menimbulkan reaksi kebakaran.

Sebelum meninggalkan rumah alangkah baiknya memeriksa kembali peralatan elektronik yang berhubungan dengan arus listrik. (GC)



1 Komentar

Berikan komentar anda

Top