Wijaya Karya Manfaatkan Teknologi Drone untuk Proyek Konstruksinya

Author : Franki Dibuat : May 16, 2019

Wijaya Karya Manfaatkan Teknologi Drone untuk Proyek Konstruksinya
Listrik Indonesia | Lingkup pekerjaan PT Wijaya Karya (Persero) sebagai kontraktor nasional tentu sangat luas, termasuk survei pemetaan topografi suatu area, sebagai bahan analisa perkembangan pembangunan proyeknya.

Untuk keperluan tersebut, Terra Drone Indonesia telah melakukan demonstrasi teknologi LiDAR (Light Detection and Ranging), pada salah satu proyek yang digarap oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, pada akhir bulan lalu. Demonstrasi tersebut dilakukan pada proyek bendungan di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor, yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Demonstrasi survei pemetaan topografi menggunakan drone LiDAR tersebut, dilakukan dalam waktu satu hari dengan cakupan hasil seluas ±20 hektare, dengan hasil data berupa peta hingga model tiga dimensi (3D) yang beresolusi tinggi dan akurat. Dengan hasil tersebut, nantinya dapat dianalisis lebih jauh perkembangan pembangunan yang telah dicapai. Selain itu, hasil tersebut juga dapat digunakan sebagai referensi manajemen proyek dalam melakukan perencanaan, mengambil keputusan, ataupun mengukur capaian pekerjaan yang biasa dilakukan secara berkala dalam kegiatan pengawasan kegiatan proyek.
 
Penggunaan teknologi LiDAR memudahkan kegiatan survei pemetaan topografi khususnya di wilayah hutan atau kebun yang rimbun, serta memudahkan proses pemantauan kegiatan proyek konstruksi yang sedang berjalan. Data yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk mengidentifikasi perbedaan situasi dengan perencanaan awal konstruksi, sehingga seluruh aspek dapat terus terkontrol dengan melihat secara langsung bagaimana perkembangan konstruksi.
 
Selama ini, Terra Drone Indonesia telah menggunakan drone untuk berbagai kegiatan di sektor konstruksi, mulai kegiatan baseline survey, perencanaan dan basic design, penyusunan Bill of Quantity, hingga dokumentasi saat serta pasca kegiatan konstruksi. Hal tersebut merupakan imbas dari banyaknya kontraktor dan perusahaan EPC di Indonesia yang telah mulai mengadaptasi teknologi drone dan mengaplikasikannya di kegiatan sehari-hari.

Selain pada sektor konstruksi, teknologi LiDAR milik Terra Drone juga dapat diaplikasikan pada kegiatan di sektor lain seperti pertambangan, migas, perkebunan, hingga sektor utilitas. Selain itu, Terra LiDAR sebagai salah satu inovasi drone terkini, lebih efisien dalam segi harga. (AM/Fr)

Tags : News
Terakhir disunting : May 16, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top