Wika Lakukan Pemetaan dengan Drone di Sungai Duri, Bengkayang

Author : Franki Dibuat : Jun 13, 2019

Wika Lakukan Pemetaan dengan Drone di Sungai Duri, Bengkayang
Listrik Indonesia - Bengkayang | Pemanfaatan teknologi drone di sektor konstruksi bukanlah hal yang baru. Untuk keperluan survei pemetaan topografi, fotografi, dan pekerjaan di udara dengan remote untuk infrastruktur, sudah lazim digunakan teknologi drone.

Drone mulai banyak digunakan karena dapat bekerja di luasan yang beragam dan dengan mudah menjangkau wilayah lokasi konstruksi. Selain untuk kebutuhan pemetaan, drone dalam infrastruktur membantu melihat progress pengerjaan pembangunan hingga melihat potensi bahaya di wilayah pengerjaan konstruksi. Drone juga dapat terbang di ketinggian yang minim/rendah, sehingga dapat mendapatkan hasil foto dengan resolusi gambar yang lebih tinggi.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang melihat keunggulan dan manfaat terknologi drone tersebut, telah lama menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan mereka. Kegiatan terakhir bersama Terra Drone Indonesia adalah survei foto udara pada proyek infrastruktur yang terletak di Sungai Duri, Bengkayang, Kalimantan Barat, yang sukses menggunakan drone akhir Mei lalu.

Survei tersebut dilakuka di wilayah seluas ± 347 hektare, dengan hasil akhir berupa peta topografi dan kontur dengan interval 1 meter. Terra Drone Indonesia menggunakan drone seri Terra Wing yang dapat menghasilkan peta dengan ketelitian kurang dari 10 cm.
 
Pekerjaan tersebut dikerjakan untuk kepentingan pemutakhiran topografi awal dalam perhitungan kebutuhan biaya konstruksi, perencanaan teknis, rekayasa, operasi, manajemen pembangunan hingga pengambilan keputusan strategis. (AM/F)

Tags : Teknologi
Terakhir disunting : Jun 13, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top