Wisuda Ke-35 STT PLN Siap Bertransformasi

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Nov 14, 2019

Wisuda Ke-35 STT PLN Siap Bertransformasi
Listrik Indonesia | Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN kembali menghasilkan lulusan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan profesional, khususnya dalam bidang ketenagalistrikan pada Wisuda yang ke-35  bertempat di Sasana Kriya, Ballroom Mandira, TMII, Jakarta, pada Kamis (14/11/2019).

Pada kesempatan ini, STT-PLN meluluskan 786 wisudawan, yang terdiri dari S2 Teknik Elektro (6 orang), S1 Teknik Elektro (209 orang), S1 Teknik Mesin (80 orang), S1 Teknik Sipil (94 orang), S1 Teknik Informatika (211 Orang), D3 Teknik Elektro (164 orang), dan D3 Teknik Mesin (22 orang).

Setiap periode kelulusan mengalami peningkatan yang signifikan dan setiap ajaran baru peminat masuk STT PLN pun bertambah. Karena itu, STT PLN akan berkembang menjadi Institut Teknologi PLN. Hal ini disampaikan oleh Ketua STT PLN.

Prof. Iwa Garniwa Mulyana selaku Ketua STT PLN menyatakan, acara wisuda yang diselenggarakan secara rutin ini bukan sekadar upacara atau pesta seremoni. "Tetapi acara yang sakral ini adalah salah satu cara kami untuk bersyukur kepada Tuhan yang telah memberi berkah kepada civitas akademika STT PLN. Sehingga dapat melahirkan para lulusan yang telah bekerja keras menempuh pendidikan di kampus Duri Kosambi yang kami cintai," jelas Iwa, disela-sela acara tersebut.

Iwa juga menyampaikan, pada tahun pertamanya menjabat sebagai ketua STT PLN. Dia ingin membuat suatu gebrakan baru yakni dengan memperbaiki roadmap pengembangan STT PLN di antaranya perubahan dari Sekolah Tinggi menjadi Institusi Teknologi PLN. Kemudian, meningkatkan kualitas fasilitas sarana dan prasarana dan meningkatkan kualitas sumber daya. Lalu, peningkatan penelitian dan PKM, juga memperluas jejaring kerja sama dengan pemerintah dan industri.

"Dengan semakin ketatnya persaingan perguruan tinggi di Indonesia dan Internasional, serta sudah banyak diijinkan Perguruan Tinggi luar negeri beroperasi di Indonesia. STT PLN dengan keunikan dan daya tarik tersendiri yaitu kekhususan pada bidang energi dan ketenagalistrikan. Saya yakin STT PLN mampu bersaing menciptakan SDM andal dan profesional," ujarnya.

Lanjut, dia berkata, "Perubahan dari Sekolah Tinggi menjadi Institut. Kita bisa meningkatkan nilai jual dengan penambahan beberapa program studi sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini dan menambahkan mata kuliah teknopreunership di setiap program studi," ucap Iwa.

Ini sesuai dengan visi kampus terwujudnya Perguruan Tinggi yang modern, mandiri, dan unggul di bidang energi dan ketenagalistrikan.

Lebih lanjut, Prof Iwa menjelaskan, lulusan STT PLN sudah dinantikan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor energi, ketenagalistrikan, dana kontraktor. Tidak sedikit dari perusahaan itu, menitipkan pekerjanya untuk belajar di STT PLN ini sebagai bentuk peningkatan kualitas SDM perusahaan.

Dia berharap, para alumni kampus Duri Kosambi ini dapat mengambil alih berbagai posisi untuk memimpin Indonesia menuju masyarakat yang adil,  makmur dan bermartabat di mata dunia.

Iwa mengucapkan selamat bekerja dan memasuki dunia nyata bagi para wisudawan dan wisudawati. Dan selamat berbahagia bagi para orang tua wisudawan dan wisudawati dengan keberhasilan putra-putrinya. "Semoga para wisudawan dan wisudawati STT-PLN untuk memegang kendali kepemimpinan di berbagai instansi baik di lingkungan PLN, pemerintah dan industri swasta," pungkasnya. (CR)

Tags : About Us
Terakhir disunting : Nov 14, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top