Wujud Kepedulian, Mahasiswa STT PLN Bangun Listrik Gratis untuk Warga

Author : Franki Dibuat : Sep 6, 2016

Wujud Kepedulian, Mahasiswa STT PLN Bangun Listrik Gratis untuk Warga
Listrik Indonesia | Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN telah menyumbangkan listrik yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Angin (Bayu) PLTB, untuk di salurkan secara gratis kepada warga kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Median dan Antonius Agan selaku Ketua Pelaksana yang menerapkan ide pembangunan PLTS dan PLTB mengatakan, ini merupakan wujud kepedulian selaku mahasiswa untuk membantu warga yang desanya belum mendapat aliran listrik dari pemerintah.

“Sedikitnya sekitar 35 rumah warga di desa tersebut belum mendapatkan aliran listrik lebih dari 10 tahun terakhir. Sekitar 100 mahasiswa STT PLN beserta pembimbing, melakukan pemasangan dan tinjauan langsung ke desa tersebut,” kata Antonius melalui pesan singkat kepada listrikindonesia.com, Selasa, (6/9).

Median mengungkapkan, sebelumnya telah menyelasikan juga pemasangan PLTS di desa lain, lalu saat ini di desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur. “Tahun depan, kami akan memberikan ke desa lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa BEM KBM STT-PLN, Lutfi Maulana mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat desa yang belum mendapat aliran listrik. “Kita (mahasiswa) membangun PLTS dan PLTB kepada desa yang belum teraliri listrik,” kata Lutfi.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa STT-PLN untuk membantu para masyarakat desa yang belum mendapatkan aliran listrik. “Listrik yang dibangkitkan sebesar 1500 Watt, yang digunakan untuk menyalakan lampu di tiap rumah, termasuk madrasah dan masjid kampung Mulyasari,” ungkap Lutfi.

Ustadz Sholahuddin, salah satu warga desa Sukamulya mengatakan, warga desa sangat senang dengan adanya bantuan aliran dari mahasiswa STT-PLN, dan berharap kampungnya bisa dibina secara berkelanjutan dalam memelihara dan menjaga PLTS dan PLTB.

“Mewakili warga desa, saya ucapkan terima kasih banyak kepada para mahasiswa STT PLN, yang telah membuatkan pembangkit yang manghasilkan listrik untuk warga desa. Kami sangat senang adanya listrik dari mahasiswa ini,”  pungkasnya. (RG)

Terakhir disunting : Sep 6, 2016


1 Komentar

Berikan komentar anda

Top