Yuk, Intip Canggihnya Aplikasi Pemantau Charging Station BPPT

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Sep 7, 2019

Yuk, Intip Canggihnya Aplikasi Pemantau Charging Station BPPT
Listrik Indonesia | Dalam mendukung berkembangnya kendaraan listrik, BPPT  telah membangun dua Fast Charging Station (FCS), berkapasitas 50 kW yang berlokasi di Gedung BPPT Thamrin dan di Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE-BPPT) di Puspiptek, Serpong.

Sumber listrik untuk FCS ini berasal dari sumber energi terbarukan, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 105 kWp yang dipasangkan di atas atap Gedung. 

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi, mengatakan kendali dan monitoring FCS secara realtime dilakukan di control room Smart Microgrid.

Ketika mobil di-charge, lanjut Eniya, FCS akan berkomunikasi dengan control room. "Control room akan merekam berapa kWh listrik yang digunakan dan mencatat berapa kWh listrik PLTS yang diproduksi untuk pengisian mobil," kata dia.

Smart Microgrid merupakan sebuah jaringan listrik kecil yang terdiri dari sumber energi listrik, beban listrik, dan sistem kendalinya. "Smart Grid pada dsarnya adalah integrasi antara sistem tenaga listrik dan teknologi IT, yang memungkinkan aliran informasi dua arah antara penyedia dan konsumen, agar sistem ketenagalistrikan semakin andal dan efisien," ucap Profesor Eniya.

Dengan berkembangnya penggunaan rooftop PLTS, konsumen listrik dapat juga menjadi produsen listrik. "Istilahnya adalah prosumer, produsen dan konsumer. Penggunaan teknologi Smart Grid dengan pemasangan smartmeter dan sistem IT, memungkinkan di kemudian hari, transaksi jual beli listrik antara satu prosumer dengan prosumer lain dilakukan. Demikian juga satu konsumen, misalnya hanya akan membeli listrik dari sumber energi terbarukan juga dimungkinkan," tandas Eniya.

Kendaraan listrik dengan sumber listrik yang juga ramah lingkungan merupakan kombinasi yang ideal. BPPT telah memulainya, untuk mewujudkan segera sistem tersebut agar dapat dinikmati masyarakat luas. (TS/Fr

Tags : News
Terakhir disunting : Sep 9, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top