AGENDA NEWS
Trending

2500 Unit Konverter Kit Tersalurkan di Tahun 2020

2500 Unit Konverter Kit Tersalurkan di Tahun 2020

Listrik Indonesia | Sudah tahun ke-5 Program konversi BBM ke BBG untuk kapal nelayan terlaksana. Sebanyak 2500 unit mesin converter kit lengkap tersalurkan ke nelayan seluruh daerah di Indonesia.

Alimuddin Baso, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infratruktur Migas Kementerian ESDM, mengungkapkan, tuntas sudah program tersebut pada 2020 ini. Pembagian paket konversi diakhiri di Kota Bengkulu, pada Sabtu (28/11/2020). Sebanyak 348 nelayan Kota Bengkulu yang mendapatkan paket perdana. Paket mesin konverter kit yang dibagikan terdiri dari mesin penggerak, konverter kit, dua buah tabung LPG 3 kg, serta aksesoris pendukung lainnya (reducer, regulator, mixer, dll).

Nelayan yang mendapat bantuan harus memenuhi kriteria yaitu memiliki kartu identitas nelayan, menggunakan alat penangkap ikan yang ramah lingkungan, memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT) yang daya mesinnya di bawah 13 Horse Power (HP), serta belum pernah mendapat bantuan serupa dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Dia menyatakan untuk nelayan Kota Bengkulu yang belum menerima paket konversi tahun ini, diminta tidak perlu khawatir karena pada 2021 pemerintah akan membagikan 28 ribu paket. Agar program berjalan lancar, Alimuddin meminta agar Pemda Kota Bengkulu dapat segera menyampaikan usulan nelayan calon penerima untuk kemudian ditindaklanjuti.

“Tahun depan paket yang dibagikan cukup banyak. Kalau bisa Desember 2020 sudah masuk data usulannya agar bisa kami follow up,” katanya.

Adapun kriteria nelayan penerima tercantum dalam Perpres Nomor 38 Tahun 2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Penangkap Ikan bagi Nelayan Sasaran dan Mesin Pompa Air untuk Petani Sasaran. (Cr)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button