NEWS
Trending

ABB Gandeng ITB Kembangkan Teknologi Kelistrikan di Indonesia

ABB Gandeng ITB Kembangkan Teknologi Kelistrikan di Indonesia
Listrik Indonesia | ABB perusahaan teknologi menggandeng Institut Teknik Bandung (ITB) untuk mengembangkang teknologi di bidang kelistrikan. Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani ABB dan ITB (Institut Teknologi Bandung) pada akhir November 2017 di Bandung, mencakup pengembangan teknologi lebih lanjut dan studi bersama, serta penelitian dalam bidang intergrasi energi terbarukan dan digitalisasi jaringan listrik. Dalam kerja sama ini, ABB juga akan memberikan beasiswa untuk mendorong pengembangan kompetensi dalam bidang teknologi energi.

Massimo Danieli, Head of ABB’s Grid Automation Business, menyatakan sikapnya, bahwa bekerjasama dengan intitusi akedemik terkemuka seperti ITB dalam hal teknologi jaringan listrik adalah suatu kebanggaan bagi perusahaan, di mana salah satu bentuk kontribusi dalam pengembangan infrastruktur listrik di Indonesia.
“Kemitraan ini juga akan mendukung pengembangan sumber daya manusia dalam bidang teknik dan juga memperkuat kepeloporan ABB dalam hal inovasi dan komitmen terhadap teknologi,” tutur Massimo.

Pemerintah Indonesia memiliki program penambahan kapasitas listrik 35 GW, dengan target kuat untuk mengintegrasikan beberapa sumber energi terbarukan. Hal ini membutuhkan adanya teknologi inovatif dan dapat menggabungkan pasokan energi.

Sebagai contohnya adalah microgrids yang memainkan peran penting dalam menyediakan sumber energi yang andal, baik di area yang terhubung dengan jaringan listrik maupun yang tidak dan juga memanfaatkan sumber energi terbarukan. Teknologi ini tepat untuk diterapkan di negara kepulauan seperti Indonesia. Oleh karena itu, ABB akan mendukung pengembangan teknologi terbaru microgrid dan juga menyediakan peralatan demo untuk keperluan pendidikan di kampus ITB. Selain itu, kerjasama ABB dan ITB ini juga meliputi beberapa bidang seperti smartgrids, elektronik daya, keamanan dunia maya, internet of things, solusi energi yang berkesinambungan.

Rektor ITB, Kadarsah Suryadi, menyambut baik kerjamasa tersebut dengan ABB. Menurutnya, Keahlian teknologi ABB yang mendalam akan berperan besar dalam pengembangan teknologi di masa depan.

“Kami senang bisa bekerjasama dengan ABB, sebagai pelopor dalam bidang teknologi, dalam hal penelitian dan pengembangan bagi kemajuan infrastruktur energi di Indonesia,” ucapnya. (GC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button