Trending

ABB hadirkan UniGear ZS1, Jaga Keandalan Listrik di Gedung Tertinggi di Indonesia dan Belahan Bumi Selatan

ABB hadirkan UniGear ZS1, Jaga Keandalan Listrik di Gedung Tertinggi di Indonesia dan Belahan Bumi Selatan
Sumber foto: abb.com


Listrik Indonesia | Jakarta, sebagai ibukota dan kota terbesar di Indonesia, telah mengalami urbanisasi yang pesat dalam beberapa dekade terakhir, dan saat ini kota tersebut memiliki lebih dari 10 juta penduduk. Hal ini menjadikan Jakarta, sebagai salah satu kota terpadat di Asia Tenggara dengan kepadatan penduduk terus meningkat.

 

Dengan jutaan orang yang tinggal di daerah perkotaan, muncul tantangan besar, namun juga peluang untuk memikirkan kembali bagaimana kota dirancang dan direkayasa.

 

Salah satu perusahaan pengembangan dan manajemen properti Indonesia, PT Putragaya Wahana Group (PWG), menjawab tantangan tersebut dengan membangun sebuah komplek terpadu berskala besar yang diberi nama Thamrin Nine, berlokasi tepat di jantung kota Jakarta. Thamrin Nine memiliki luas 570,000 meter persegi, atau setara dengan lebih dari 100 lapangan sepak bola Amerika. Setelah selesai, kompleks ini akan terdiri dari tiga menara bertingkat tinggi yang akan digunakan untuk perkantoran dan komersial, podium ritel dengan aula musik, bioskop, supermarket, ruang olahraga, dan sejumlah pilihan tempat makan. Selain itu, tiga bangunan tempat tinggal, dua di antaranya bertingkat rendah dan satu gedung tengah akan menyelesaikan pembangunan.

 

Tower pertama yang akan dibangun, Tower 1, akan siap untuk tenant fit-out pada 2021. Tower 1 memiliki tinggi arsitektur 385 meter, terdiri dari 72 lantai di atas dan 6 lantai di bawah tanah.

 

Tantangannya, bagaimana menjaga pasokan keandalan pasokan listrik di gedung pencakar langit ini? ABB memberikan solusi distribusi daya untuk memastikan keandalan pasokan listrik di gedung tertinggi di negeri ini.

 

ABB manyadari bahwa membangun dan memelihara jaringan tenaga listrik di gedung-gedung bertingkat merupakan salah satu tantangan sangat besar, terlebih dalam memastikan pasokan listrik yang tidak terputus ke sistem dan peralatan krusial, seperti pemanas, ventilasi, perlindungan kebakaran, pendingin udara (AC), dan sistem kendali gedung. Peralatan yang digunakan harus memberikan keamanan, keandalan, dan efisiensi energi maksimum, serta harus mudah beradaptasi dengan tuntutan perubahan di masa mendatang.

 

Untuk memenuhi persyaratan ini, ABB memasok 44 panel switchgear tegangan menengah UniGear ZS1. Dalam sistem distribusi daya, switchgear digunakan untuk mengontrol, melindungi, dan mengisolasi peralatan listrik guna memastikan keandalan pasokan listrik.

 

UniGear ABB dapat dioperasikan dengan aman di ruang terbatas dan telah melalui pengujian yang ketat untuk memenuhi aspek keselamatan dan perlindungan terhadap percikan api dari dalam panel. Panel switchear UniGear ABB ini juga telah dilengkapi dengan semua interlock dan aksesoris yang diperlukan untuk memastikan tingkat keamanan tertinggi bagi operator dan peralatan. Selain itu, UniGear memungkinkan operator mendapatkan total biaya kepemilikan (total cost of ownership) yang optimal. Switchgear distribusi yang andal dan hemat sumber daya ini tidak memerlukan perawatan yang sulit dan uniknya lagi, switchgear ini memiliki fleksibilitas yang dapat dengan mudah diperpanjang atau ditambahkan seiring bertambahnya kebutuhan.

 

Dalam proyek Thamrin Nine ini, selain menawarkan solusi yang sangat cocok dengan spesifikasi teknis, ABB juga dapat memenuhi persyaratan tanggal pengiriman yang ketat dari pelanggan dengan menghemat waktu pengiriman switchgear hingga 25 persen.

 

Marco Tellarini, Global Product Group Manager di ABB untuk dalam lini bisnis Distribution Solutions, dalam keterangan resmi, mengatakan, ABB sangat bangga dapat memberikan dukungan melalui teknologi mutakhir  dalam hal penyediaan pasokan listrik yang andal untuk gedung tertinggi di Indonesia. “Dengan switchgear UniGear kami dapat memberikan fleksibilitas desain dan perlindungan sistem yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan unik pada proyek pelanggan,” imbuh Marco. (TS)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button