CORPORATION Activity NEWS
Trending

Alex Dharma Balen Kembali ke Rekind Sebagai Nakhoda Baru

Alex Dharma Balen Kembali ke Rekind Sebagai Nakhoda Baru
Alex Dharma Balen, Direktur Utama PT Rekayasa Industri. (Foto Dok. Rekind)

Listrik Indonesia | PT Rekayasa Industri (Rekind), perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang rancang bangun industri atau yang dikenal sebagai engineering , procurement, construction dan commissioning (EPCC), secara resmi mengangkat Alex Dharma Balen sebagai Direktur Utama.

 

Pria yang akrab disapa Alex ini, bukan wajah baru dalam kiprahnya di perusahaan yang selama 39 tahun telah mengabdi kepada bangsa dan negara, dengan menyelesaikan banyak proyek industri skala besar seperti pabrik pupuk, pabrik kimia dan petrokimia, pabrik biofuel, proyek minyak dan gas, serta proyek pembangkit listrik dan infrastruktur.

 

Seperti dikutip dari tgar.id , Alex pernah di posisi sebagai Direktur Operasional 1 (Energi dan Infrastruktur) pada November 2010 hingga April 2016. Selanjutnya dia seseorang Penasehat Direksi Rekind. Pria lulusan Elektro ITB ini, juga pernah menjadi Staf Ahli Direktur Utama Pertamina pada September 2017. Kemudian dia pernah menjadi Staf Ahli Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia. Selain itu, dia juga aktif di organisasi profesional seperti API, GAPENRI dan IAFMI.

 

Sebagai nakhoda baru di Rekind, Alex didampingi Jakub Tarigan (Direktur Operasional), Triyani Utaminingsih (Direktur Keuangan dan SDM), Dundi Insan Perlambang (Direktur Komersil), dan Achmad Muchtasyar (Direktur Pengembangan Usaha). Selain itu, Rekind juga secara resmi menentukan jajaran Komisaris, yaitu Ngakan Timur Antara (Komisaris Utama), R Illiana Arifandi (Komisaris), Doddy Rahadi ( Komisaris ), dan Muchlis M (Komisaris Independen).

 

Perjalanan dan pengalaman panjang seorang Alex sebagai pekerja profesional, khususnya dalam bidang konstruksi di perminyakan, petrokimia, dan pembangkit listrik, tentunya menjadi bekal yang sangat bermanfaat dalam perjalanan ke depan organisasi perusahaan konstruksi yang besar seperti Rekind. Pengalaman selama berkarier di Rekind diharapkan dapat membantu Alex dalam pengelolaan sumber daya perusahaan.

 

Sebagai informasi tambahan, semasa Alex berkarier sebagai Direktur Direktur Operasional 1, Rekind berhasil menyelesaikan pembangunan 14 pembangkit listrik panas bumi (PLTP) dengan kapasitas terpasang 832 MW, atau mencapai lebih dari 50 persen kapasitas terpasang seluruh PLTP di Indonesia.

Salah satu PLTP tersebut, yakni Kamojang 5, Rekind berhasil mencapai standar keamanan dan keselamatan kerja tinggi dengan angka 1.500.000 jam tanpa kecelakaan kerja ( zero accident ). Selain standar keselamatan yang ketat, PT Rekayasa Industri juga menerapkan berbagai inovasi.

 

Penghargaan yang diberikan pada proyek PLTP Kamojang 5 yang dibangun Rekind pada kategori Engineering and Construction sebagai Project of The Year 2016 , diterima saat Alex tugas jabatan Direktur Usaha Energi, Mineral & Infrastruktur.

 

Kendati Rekind tahun ini mendapat tekanan finansial yang berat dan beban utang di tahun sebelumnya, kembalinya Alex ke Rekind dipandang sebagai keputusan yang tepat dan dapat membawa perusahaan ini ke jenjang yang lebih baik. (TS / Fr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button