NEWS Figure PROFILE
Trending

AMIEN SUNARYADI; Haus Ilmu

AMIEN SUNARYADI; Haus Ilmu
Komisaris Utama PT PLN (Persero) Amien Sunaryadi [Foto: voaindonesia.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Nama Amien Sunaryadi, Ak., M.P.A., disebut-sebut publik saat bersangkutan menjabat Wakil Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Ia di periode 2003-2007, di bawah kepemimpinan Taufiqurrahman Ruki. 

Tim KPK lainnya:  Erry Riyana Hardjapamekas, Tumpak Hatorangan Panggabean, dan Sjahruddin Rasul.

Jejak performa apik Amien di komisi antirasuah, antara lain diterapkannya konsep penggeledahan hingga surveillance KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile.

Dia juga tercatat sebagai pendobrak tradisi pemberantasan korupsi yang sebelumnya tidak menyentuh tindak pidana suap-menyuap. Hingga sekarang, berderet pejabat publik di tingkat pusat dan daerah yang dijerat KPK karena kasus suap-menyuap.

Pria kelahiran Malang, 23 Januari 1960, alumnus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Meraih gelar akuntan (Ak.) dari program Diploma-3 dan 4 STAN.  

BACA JUGA: ZULKIFLI ZAINI; Memberi Lebih

Berbekal semangat tinggi berburu ilmu pengetahuan, Amien berhasil meraih gelar Master of Profesional Accountancy (MPA) pada program S-2 School of Accountancy pada College of Business Administration di Georgia State University, Atlanta. 

Selama merampungkan kuliah S-2, Amien mengikuti pendidikan tambahan di bidang sistem informasi dan manajemen sumber daya manusia (SDM). 

Pada 1996, ia menerima penghargaan Certified Information System Auditor (CISA) dari Information System Audit and Control Foundation USA. 

Pria satu ini haus ilmu pengetahuan. Ia tak pernah berhenti meningkatkan kemampuan dan kapabilitasnya. 

Pada 1998, Amien mengikuti beberapa pendidikan jangka pendek. Salah satunya program pendidikan the corruption and anti-corruption training yang diselenggarakan oleh National Centre of Development Studies (NCDS) pada Australian National University di Canberra, Australia.

Amien memulai kariernya sebagai ASN (aparatur sipil negara) di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Saat yang sama, ia juga anggota Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

BACA JUGA: ARDAN ADIPERDANA; Untuk Akuntabilitas BUMN

Dari KPK (2007), Amien menerima amanah sebagai Senior Governance and Anti-Corruption Officer di World Bank Indonesia.

Selanjutnya pada Agustus 2012, pria yang selalu berpenampilan sederhana ini bergabung dengan Ernst & Young Indonesia di divisi Fraud Investigation & Dispute Services (FIDS) sebagai partner.

Peran penting terus diemban. Pada 21 November 2014, Amien dilantik sebagai Kepala SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi) oleh Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Sudirman Said. 

Usai mengawal institusi yang mengurus industri hulu migas, Amien menduduki kursi Komisaris Utama PT Freeport Indonesia sejak 18 November 2018. Sebelumnya, PT Inalum (Persero) mengakuisisi sebagian besar saham perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini.

Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir menunjuk  Amien sebagai Komisaris Utama PT PLN (Persero) pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlangsung ke Gedung Kementerian BUMN. 

Saat yang sama, Menteri Erick mengangkat Zulkifli Zaini menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini. 

BACA JUGA: IBNU SUTOWO; Dirut Pertama Pertamina

“Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas pemerintah,“ ucap Erick, Senin (23/12/2019).

Saat itu, Erick memaparkan beratnya tanggung jawab manajemen PLN. Di depannya terdapat tantangan merealisasikan rasio elektrifikasi 100 di Indonesia. Ditambah memenuhi tuntutan akan tarif listrik yang efisien untuk masyarakat dan industri.

Selain itu, jajaran pemimpin PLN ditugaskan meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai sumber listrik. 

Piawai mengurai kasus pelik tindak pidana korupsi, pria satu ini penggemar tanam-tanaman. Khususnya anggrek dan sayur mayur. 


BIO DATA

Nama lengkap: Amien Sunaryadi
Tempat lahir: Malang, Jawa Timur (Jatim)
Tanggal lahir: 23 Januari 1960
Almamater: Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

(RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button