NEWS
Trending

Anak Usaha Pertamina Lakukan Lifting Perdana di Terminal Lawe Lawe, Kaltim

Anak Usaha Pertamina Lakukan Lifting Perdana di Terminal Lawe Lawe, Kaltim
Listrik Indonesia, Balikpapan | PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha PT Pertamina Hulu Indonesia melakukan lifting perdana yang dilakukan oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur ( PHKT) sebesar 60 ribu barel minyak mentah dari Terminal Lawe Lawe, Penajam, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur PHKT, Feri Sri Wibowo, melalui keterangan tertulisnya yang diterima listrikindonesia.com.

Ia mengungkapkan, minyak mentah dari Blok East Kalimantan - Attaka tersebut nantinya akan diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM) di kilang Pertamina, Refinery Unit V Balikpapan.

"Lifting minyak mentah pertama kali Pertamina Hulu Kalimantan Timur tepat sepekan setelah operator pengelolaan diserahkan kepada Pertamina. Ini merupakan wujud nyata dukungan serta komitmen PHKT terhadap pemenuhan kebutuhan energi dalam negeri," jelas Feri (31/10).

Pada lifting kali ini, lanjutnya, minyak mentah dialirkan melalui pipa dari Terminal Lawe Lawe ke Refinery Unit V Balikpapan sebesar 60,000 bbls dan pada waktu bersamaan PHKT melaksanakan pengoperasian pengapalan pertama dari Terminal Santan untuk produk kondensat (BRC).

"Minyak mentah yang dialirkan merupakan hasil produksi dari lapangan dari Wilayah Kerja East Kalimantan - Attaka yang yang dioperasikan oleh PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur," kata Feri.

Dikatakan olehnya, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur atau PHKT merupakan cucu PT Pertamina (Persero), yang mengelola Blok East Kalimantan - Attaka sejak 24 Oktober 2018, setelah prosesi alih kelola dari PT Chevron Indonesia Company (CICO).

Data pada akhir September 2018 menyebut, produksi minyak dan kondensat WK East Kalimantan-Attaka sebesar 13.220 barel minyak per hari (bopd) dan gas sebesar 69,44 juta kaki kubik per hari (MMscfd). (Rg)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button