ENVIRO NEWS
Trending

Anda Keren, Berwisata Ramah Lingkungan

Anda Keren, Berwisata Ramah Lingkungan
Bocah Papua menikmati Perairan Raja Ampat yang lestari [Foto: papuaexplores.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Idul Fitri 2021 sehari lagi. Meski pemerintah melarang mudik, tempat hiburan tetap beroperasi. Syaratnya, protokol kesehatan covid-19 diterapkan.  

Secara umum, bagaimana cara berliburan tanpa merusak lingkungan? Melestarikan lingkungan merupakan upaya menjaga kesehatan manusia --hari ini dan nanti.

Bagi pecinta lingkungan hijau, banyak yang frustrasi atas padatnya lalulintas sepanjang arus liburan. Polusi udara dari knalpot kendaraan menunjukkan tanggung jawab sosial terhadap emisi gas rumah kaca (GRK) masih tipis.

Sesungguhnya, terdapat beberapa cara bagi industri perjalanan menyediakan pilihan liburan ramah lingkungan bagi pelancong. Begitu pula keluarga yang memilih berwisata secara mandiri.

BACA JUGA: Uji Coba Pasar Karbon di 80 Pembangkit Listrik

Kali ini, LISTRIK INDONESIA membagikan artikel tentang cara merancang liburan yang menghormati lingkungan. 

1. Pilih Moda Transportasi yang Tepat

Jika Anda bisa menghindarinya, cobalah untuk tidak bepergian memakai pesawat terbang. Meskipun menghemat waktu, pesawat mengeluarkan sejumlah besar karbondioksida. 

Lakukan perjalanan dengan mobil, meskipun masih ada emisi yang dilepaskan. Volumenya jauh lebih kecil. 

Jika Anda mau tidak mau bepergian memakai pesawat, pilih penerbangan non-stop. Lepas landas dan mendarat adalah saat pesawat paling boros dalam hal emisi CO2. 

BACA JUGA: 'Khaira Power', Inovasi Pembangkit Energi Bersih di Atap Rumah

2. Kunjungi Green Resort

Banyak pilihan lokasi liburan yang tenang. Sayangnya, sebagian besar destinasi membuang banyak makanan, minuman, sampah plastik, dan barang konsumsi setiap hari. 

Walaupun belum banyak, ada lokasi wisata indah yang memulai praktik daur ulang sampah, menggunakan produk ramah lingkungan, dan mengintegrasikan produk musiman ke dalam setiap makanan.

3. Pilihlah Aktivitas Luar Ruangan

Bergantung pada tujuan perjalanan, kemungkinan besar Anda memiliki pilihan untuk berpartisipasi dalam aktivitas di dalam atau luar ruangan. 

Ketika memilih aktivitas luar ruangan, Anda tidak menyia-nyiakan bahan kimia, energi, dan beragam produk konsumen. 

Menghabiskan waktu di luar ruangan memungkinkan Anda lebih menghargai bumi dan semua isinya. 

BACA JUGA: Rendah Karbon, Tambah Pertumbuhan Ekonomi 0,6 Persen

Selama berada di alam liar, pastikan untuk menghindari mengotori atau mencemari alam nan hijau.

4. Mendukung Perekonomian Lokal

Cobalah untuk mendukung pengusaha lokal dalam perekonomian. Membeli barang berkelanjutan hingga makan produk musiman, Anda dapat membantu mendukung komunitas lokal. 

Jika tidak mengonsumsi barang yang dikirim dari jarak ribuan kilometer --produk impor, Anda membantu mempromosikan ekonomi lokal yang tidak bergantung pada proses yang menghasilkan emisi CO2 dalam jumlah besar. 

Ketika memilih opsi organik, Anda membantu mendukung upaya untuk mengurangi limbah, bahan kimia, dan hormon yang biasanya terkait dengan produksi makanan. 

Saat membeli suvenir buatan lokal, Anda mendukung perekonomian yang bergantung pada lingkungan di sekitarnya. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button