NEWS
Trending

Arthur Kembali Nahkodai APLSI, Siap Dorong Transisi Energi

Listrik Indonesia | Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 20 Juni 2022 kembali menetapkan Arthur Simatupang sebagai Ketua Umum APLSI periode 2022-2025. 

Usai memberikan laporan pelaksanaan program kerja periode sebelumnya, Arthur terpilih secara aklamasi melanjutkan periode sebelumnya.  “Terima kasih atas kepercayaan dari rekan-rekan pengurus dan anggota yang kembali memberikan mandat kepada saya menjadi Ketua Umum APLSI,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/06/2022).

Munas tersebut dihadiri oleh hampir seluruh anggota yang merupakan pemilik Independent Power Producer (IPP) dari seluruh Indonesia dengan total output sebesar 15 GW. Arthur sebelumnya menjabat Ketua Umum APLSI periode 2018-2021 dan merupakan bagian dari manajemen senior di sejumlah perusahaan di bidang energi diantaranya sebagai Direksi dan Komisaris di beberapa perusahaan yang tergabung dalam grup PT TBS Energi Utama Tbk. 

Dalam paparan visi dan misinya, Arthur menjelaskan bahwa pada periode ke depan, APLSI akan melakukan repositioning, kaderisasi keanggotaan, serta berkolaborasi dengan lebih banyak pihak agar transisi energi menuju kelistrikan yang semakin ramah lingkungan, peningkatan kualitas udara, dan sustainable dapat segera terwujud. Arthur juga berharap kedepan APLSI dapat bekerjasama dengan komunitas dan masyarakat untuk melakukan edukasi tentang emisi karbon dan gaya hidup rendah karbon. 

Untuk itu perlu adanya dukungan perangkat regulasi, jaminan pendanaan serta alih teknologi. Dalam hal keandalan sistem kelistrikan dan rasio elektrifikasi yang sudah mencapai hampir 100 persen juga harus terus ditingkatkan dan dijaga. Untuk itu perlu adanya keseimbangan antara sumber pembangkit listrik yang bersifat backbone dan sumber pembangkit baru dan terbarukan.

 “Kita akan terus mengawal apa yang telah dibangun selama ini sambil meningkat edukasi dan awareness akan pentingnya transisi energi yang mengedepankan kelestarian lingkungan. Banyak sekali yang masih bisa dilakukan agar Indonesia menjadi yang terdepan dalam transisi energi dan sangat penting bahwa hal tersebut bisa semakin terjangkau oleh masyarakat luas,” sambungnya. 

Pihaknya terus berkomitmen menjadi mitra strategis pemerintah ke depan. “Sebagai wadah yang menyatukan kelistrikan swasta nasional, kami mendukung adanya terobosan-terobosan pemerintah agar berhasil menjaga kedaulatan energi di Indonesia yang inklusif dan kolaboratif,” tutup Arthur.

APLSI merupakan organisasi yang terdiri dari Independent Power Producer (IPP), mitra utama PT PLN (Persero). Organisasi yang memperjuangkan kepentingan para produsen listrik swasta ini dibentuk pada 8 Agustus 2008. Saat ini APLSI terdiri dari 26 IPP dengan total output 14.406 MW. Selain sebagai wadah komunikasi sesama anggota, APLSI juga merupakan organisasi yang mendorong sinergi antara PLN, pemerintah, dengan kalangan pengusaha di bidang industri, konstruksi, dan terkait kelistrikan lainnya.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button