Fossil Fuel ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Asosiasi : Target Produksi 1 Juta BPH Tidak Mudah

Asosiasi : Target Produksi 1 Juta BPH Tidak Mudah

Listrik Indonesia | Pemerintah telah menargetkan produksi minyak bumi sebesar 1 juta barel per hari (bph) pada 2030. Hal ini mendapat respon Indonesian Petroleum Association (IPA), bahwa mencapai target itu tidak mudah.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indonesian Petroleum Association (IPA) Marjolijn Wajong dalam acara diskusi 'Road to 1 Million BOPD and 12 BSCFD Gas in 2030'. Jumat (20/11/2020).

Dia menyampaikan, dampak dari pandemi Covid-19 menyebabkan permintaan minyak turun dan harga minyak j turun, sehingga perusahaan migas global memangkas anggaran untuk kegiatan eksplorasi sekitar hingga 30%. Ini menunjukan skala prioritas terkait lokasi yang akan dilakukan kegiatan eksplorasi dan harus di tempat-tempat yang memiliki prospek bagus dan fiskal bagus.

Di sisi lain, diprediksi ketika masa pandemi Covid-19 ini berlalu kebutuhan energi akan semakin meningkat. Maka Indonesia perlu meningkatkan produksi minyak di dalam negeri guna mengurangi ketergantungan pada impor. Meski saat ini tengah dikembangkan energi baru terbarukan untuk menggantikan fosil, namun menurutnya permintaan migas masih tetap besar.

Menurutnya, target 1 juta bph tidaklah mudah pemerintah perlu upaya yang besar. Selain kinerja lapangan yang sudah berproduksi, ada hal lain yang perlu dikerjakan antara lain meningkatkan penemuan cadangan baru terhadap produksi atau Reserves to Production (R to P) sekitar 70%-80% pada 2030. Termasuk di dalamnya lapangan-lapangan marginal juga harus dibuat jadi berproduksi.

“Kalau saat ini ada upaya meningkatkan produksi melalui Enhanced Oil Recovery (EOR). Selain masalah teknikal, di dalam mengimplementasikan EOR juga memerlukan nilai keekonomian yang layak,”imbuhnya.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button