AGENDA
Trending

Atasi Dampak Pandemi, Pemuda Manggarai Makin Berdaya dengan Pelatihan Digital Marketing

Atasi Dampak Pandemi, Pemuda Manggarai Makin Berdaya dengan Pelatihan Digital Marketing
Listrik Indonesia | Turut peduli terhadap dampak pandemi Covid-19, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menginisiasi program "Smart Empowering:  Pelatihan Digital Marketing dan Desain Grafis". Pelatihan perdana telah dilakukan pada Senin, 20 September 2021. Sasaran dari pelatihan ini yaitu pemuda di lingkungan Taman Baca Matahari, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. 

Smart Empowering bertujuan melahirkan gerakan pemuda yang cerdas dan mandiri di era digitalisasi. Program ini merupakan lanjutan dari pendirian Smart Center pada Mei 2021 lalu, yang merupakan fungsi lain Taman Baca Matahari. Jadi selain sebagai taman baca, di tempat ini para pemuda bisa bertukar ide dan gagasan serta berkarya. 

Pendirian Taman Baca matahari sendiri merupakan gagasan masyarakat Manggarai dan difasilitasi oleh PLN Peduli. Bantuan yang diberikan saat pendirian taman baca antara lain penataan ruangan, perlengkapan pendukung, buku-buku, sampai dengan pendampingan saat taman baca mulai berjalan. Melihat antusiasme untuk pemberdayaan masyarakat, PLN Peduli kemudian mengembangkan Taman Baca Matahari menjadi Smart Center dengan programnya Smart Empowering bekerjasama dengan pemuda Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa.

Dalam Smart Empowering, para peserta akan dibimbing oleh instruktur selama 3 bulan untuk bisa melakukan strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Selain itu, peserta juga diberikan pelatihan dasar desain grafis guna menunjang proses pemasaran. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menyampaikan bahwa Smart Empowering merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat terutama yang terdampak pandemi agar bisa bangkit dan mengembangkan diri melalui usaha bisnis sendiri. 

"Pemuda harus bangkit dan tangguh dengan usaha mandiri, kami support dengan upaya pemasaran digital, mudah-mudahan bisa lebih meningkat daya jualnya," ungkap Doddy. 

Ketua RT 05 RW 07, Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan, Megoantoro, menyampaikan apresiasi kepada PLN Peduli karena tak hanya berkontribusi meningkatkan minat baca anak-anak, tetapi memberdayakan pemuda di sana untuk mengembangkan diri melalui pelatihan-pelatihan yang disiapkan.

Dalam waktu dekat, program lanjutan dari Smart Empowering yaitu pelatihan tanggap darurat bencana kebakaran serta edukasi mengantisipasi kebakaran dengan tertib dalam pemanfaatan listrik. Materi ini sangat diperlukan oleh masyarakat Manggarai karena lokasi tersebut padat penduduk dan pernah terjadi bencana kebakaran sebelumnya.

Smart Center Taman Baca Matahari tetap mengedepankan protokol kesehatan selama berkegiatan. Misalnya dengan menyediakan tempat cuci tangan, membatasi jumlah pengunjung, menjaga jarak, dan mewajibkan memakai masker. Peserta pelatihan juga dilakukan bertahap dalam beberapa gelombang untuk menghindari kerumunan. 

“Tak hanya bisnis kelistrikan, PLN juga turut serta dalam pemberdayaan ekonomi dan pendidikan masyarakat sebagai bentuk bakti kami pada negeri,” tambah Doddy.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button