Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Beda 'Kompor Elektrik' dan 'Kompor Induksi'

Beda 'Kompor Elektrik' dan 'Kompor Induksi'
Kompor elektrik dan kompor induksi [Foto: Dok. LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Belakangan ini Anda mungkin sering mendengar kampanye pemanfaatan kompor berbasis tenaga listrik. Ya, pemakaiannya tinggal colok ke stop kontak listrik, sama dengan magic jar yang sudah memasyarakat.

Gerakan pemakaian kompor berbasis listrik berkaitan upaya pengurangan pemanfaatan bahan bakar fosil. Gantinya adalah energi baru terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan.  

Seiring kampanye tersebut, sering mengemukan dua jenis alat masak, yakni "kompor elektrik" dan "kompor induksi". Apa bedanya?

Jelas tentu bahwa istilah kompor listrik tertuju pada alat memasak yang menggunakan energi listrik. Nah, kini terdapat dua jenis kompor listrik, yakni kompor elektrik dan kompor induksi. Apa perbedaannya?

BACA JUGA: PLN Luncurkan Gerakan Satu Juta Kompor Induksi

Jenis pertama adalah kompor yang menggunakan resistor berukuran besar yang terbuat dari nikrom kawat. Panas dialirkan melalui permukaannya yang berbentuk melingkar, seperti obat nyamuk. Kompor kedua memanaskan langsung alat masak di atasnya melalui induksi magnetik.

Kompor induksi menghasilkan panas yang lebih cepat, merata, dan konsisten daripada kompor elektrik, sehingga energi yang dibutuhkan lebih hemat dan waktu memasak lebih cepat.

Permukaan kompor induksi tidak panas, sedangkan permukaan kompor elektrik panas pada saat digunakan. 

Namun keduanya sama-sama lebih aman karena tidak menggunakan api sehingga dapat menghindari risiko kebakaran dan tidak membuang emisi karbon, seperti CO2.

Tidak semua peralatan masak dapat digunakan di kompor induksi. Anda hanya bisa menggunakan peralatan masak berbahan stainless steel atau aluminium atau keramik. Harga kompor induksi memang relatif mahal. Akan tetapi, kompor ini lebih hemat energi (listrik). 

BACA JUGA: BTN Mulai Pasarkan Kredit 'Bundling' Kompor Induksi

Sebenarnya bukan alat masak khusus, tetapi alat masak bagian bawahnya dilapisi double bottom. Saat ini di pasaran  sudah banyak dijual dan mudah ditemukan. Apalagi dengan banyaknya kanal belanja daring (online). 

Secara tampilan, kompor elektrik yang berupa kawat lebih sulit dibersihkan. Perlu lebih lebih tekun saat membersihkan kompor ini.

Bentuk kompor induksi yang datar dengan material kaca membuat kompor ini mudah dibersihkan. Terlebih tombol-tombol touch screen yang didesain menyatu dengan kompor. 

Dengan kompor listrik, Anda tidak perlu lagi repot memasang tabung gas. Ruang menyimpan tabung gas yang besar dan berat --termasuk untuk cadangan. Anda pun tak perlu khawatir kehabisan gas saat masak. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button