NEWS POWER TECH
Trending

Begini Prosedur Memasang PLTS Atap

Begini Prosedur Memasang PLTS Atap

Listrik Indonesia | Memang sudah saatnya beralih ke listrik tenaga surya. Buat rumah tangga juga sudah bisa. Cuma kadang, bingung bagaimana cara pengurusan izin dan lainnya. Ini yang harus dilakukan.

Berdasrakan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 49 Tahun 2018 pasal 7 ada beberapa aturan yang harus dipenuhi. Pertama, seseorang harus menjadi konsumen PT PLN (Persero) terlebih dahulu untuk bisa memasang PLTS Atap.

Kedua, bisa melakukan pengajuan pemasangan PLTS Atap ke Unit Induk Wilayah/Distribusi PLN di mana dia tinggal. Ketiga, saat pengajuan harus melengkapi persyaratan administrasi dan teknis yang ditentukan, mislanya Nomor identitas Konsumen PLN.

Keempat, konsuen juga harus melampirkan perubahan mekanisme pembayaran dari prabayar menjadi pascabayar dengan melengkapi beberapa persyaratan teknis. Seperti memuat besaran daya terpasang sistem PLTS Atap, mencantumkan spesifikiasi teknis peralatan yang akan dipasang dan diagram satu garis.

Kelima, menunggu evaluasi oleh PLN. Permohonan yang diajukan konsumen akan dievaluasi oleh PLN dalam 15 hari sejak permohonan diterima secara lengkap. Sedangkan yang belum melengkapi persyratan diharap menyampaikan pemberitahuan paling lambat dua hari setelah evaluasi.

Keenam, setelah permohonan dievaluasi dan virifikasi sistem PLTS Atap bisa dilakukan oleh lembaga atau jasa yang melakukan usaha pemasangan dengan kapasitas dibatasi paling tinggi sebesar 100% dari daya terpasang  konsumen PLN.

Dengan memasang PLTS Atap tentu bisa menghemat tagihan listrik kita atau bahkan hasil listrik PLTS Atap tersebut, nantinya bisa di ekspor ke sambungan listrik PLN. (Cr)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button