Event AGENDA
Trending

BINCANG LISTRIK INDONESIA, Fabby Tumiwa: 10 GW Energi Surya Bisa Tercapai di 2025

BINCANG LISTRIK INDONESIA, Fabby Tumiwa: 10 GW Energi Surya Bisa Tercapai di 2025
Ketua AESI Fabby Tumiwa (kiri) dan Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. dalam Bincang Listrik Indonesia, Rabu (26/5).

Listrik Indonesia | Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) menilai bahwa kapasitas terpasang energi surya sebesar 10.000 megawatt (MW) dapat tercapai pada 2025 dengan berbagai keunggulannya seperti teknologi solar cell yang sudah terjangkau dan waktu pemasangan lebih cepat dibandingkan jenis energi terbarukan lainnya.

Ketua Umum AESI Fabby Tumiwa meyakini bahwa energi surya di Indonesia akan semakin massif sehingga kapasitas terpasang bisa mencapai 10.000 MW pada 2025. Bahkan, dia optimistis kapasitas 20.000 MW dapat tercapai pada 2027.

“Berdasarkan hitungan kami [Institute for Essential Services Reform/IESR], pada 2025 kita bisa mencapai [kapasitas terpasang energi surya] sebesar 10 GW. Teknologi panel surya sudah kian terjangkau dan mampu mengurangi emisi secara signifikan. Tentu energi surya ini bisa menjadi andalan dan tumpuan dalam mengejar target bauran energi bersih sebesar 23% pada 2025,” ujarnya saat Bincang Listrik Indonesia, (Podcast Majalah Listrik Indonesia), Rabu (26/5/2021).

Host (pembawa acara/moderator) Program Bincang Listrik Indonesia adalah Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. yang juga sebagai anggota Dewan Energi Nasional (DEN) periode 2021— 2025.

Fabby sudah dipercaya menjadi Ketua Umum AESI Periode 2021 – 2024 melalui Musyawarah Nasional (Munas) Ke-2 AESI pada 10 April 2021. Selain Ketua Umum AESI, dia juga masih aktif sebagai Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) 2007 - sekarang.

Bincang Listrik Indonesia ini sangat menarik karena sosok Fabby Tumiwa yang sangat menguasai tentang energi terbarukan, khususnya energi surya. Herman Darnel yang sudah sangat berpengalaman di sektor ketenagalistrikan juga membuat bincang-bincang ini kian menarik.

Fabby yang sangat memahami sektor ketenagalistrikan mengimbau kepada generasi muda (millennial) untuk memasang panel surya atap di rumahnya. “Apalagi perbankan seperti Bank Mandiri, BCA, BRI, dan lainnya sudah mendukung pembiayaan panel surya atap. Masyarakat juga bisa membuka solarhub.id untuk mengetahui berbagai hal tentang energi surya, dapat menghitung berapa besar kebutuhan listrik Anda, sudah tersedia EPC tepercaya, kalkulator energi surya.”

Dia menambahkan bahwa terkait dengan perubahan iklim, menjadi urusan masing-masing individu, jadi harus dimulai dari diri sendiri, misalnya pemakaian energi secara hemat. Jadi kebijakan energi bukan hanya urusan DPR, pemerintah, DEN, tetapi juga urusan kita smua. Saya ingin mendorong semua terlibat aktif dalam mendukung transisi energi dari fosil menuju energi terbarukan yang lebih bersih dan ramah lingkungan,” tuturnya.

Saat menutup Bincang Listrik Indonesia, Fabby menyampaikan pesan agar Majalah Listrik Indonesia menjadi majalah yang fokus dalam menyajikan informasi yang bervariasi dan beragam dan lebih banyak menjangkau pembaca.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button