NEWS
Trending

Blok Rokan Akhirnya Dikelola Pertamina

Blok Rokan Akhirnya Dikelola Pertamina
Listrik Indonesia | Sudah sejak lama Blok Rokan, Riau, dikelola oleh Chevron Pacific Indonesia sebagai kontraktor eksisting. Kini, PT Pertamina (Persero) telah resmi dipilih menggantikan Chevron.

Syamsu Alam, Direktur Hulu Pertamina menerangkan, Pertamina sudah menyiapkan investasi sebesar kurang lebih US$ 70 miliar untuk mengelola Blok Rokan selama 20 tahun. Namun, investasi besar itu belum termasuk biaya keseluruhan, jika melakukan kegiatan Enhance Oil Recovery (EOR). Pilot projet EOR di Blok Rokan direncanakan pada 2024, dan melanjutkan EOR-nya Chevron.

“Kami akan mengupayakan peluang lain untuk meningkatkan cadangan baru yang belum diproduksikan,” ujarnya.

Di pihak lain, Yanto Sianipar, Senior Vice President Policy Government & Public Affairs Chevron Indonesia mengatakan, meskipun sedikit kecewa atas keputusan pemerintah bahwa Pertamina sebagai kontraktor Blok Rokan. Tetapi, baginya ada kebanggaan tersendiri bekerja sama dengan pemerintah karena sudah mengelola Blok Rokan selama puluhan tahun.

“Kami sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengetahui informasi lebih lanjut,” ucapnya.

Faktor yang membuat pertamina mendukung Pertamina untuk mengelola Blok Rokan, di antaranya pendapatan negara akan semakin meningkat, signature bonus diberikan Pertamina kepada pemerintah sebelum tanda tangan kontrak, diskresi pemerintah, dan komitmen kerja pasti. (GC/f)

 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button