NEWS
Trending

BPPT Gelar Workshop Model Bisnis SPKL

BPPT Gelar Workshop Model Bisnis SPKL
Foto: R Akmal/Listrik Indonesia
Listrik Indonesia | Senin, 25 November 2015 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggelar workshop model bisnis sistem pengisian kendaraan listrik di Ruang Komisi Utama, Gedung BPPT 2, Jakarta.

Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) menjadi salah satu tren inovasi yang  mendapat perhatian besar dari berbagai belahan dunia, karena bisnis otomotif juga  menjadi salah satu bisnis yang menjadi ajang taruhan ekonomi beberapa negara. Di  era disrupsi inovasi KBL berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV), secara khusus menjadi salah satu contoh yang dapat  menggeser posisi kendaraan bermotor berbahan bakar konvensional.

Dengan diterbitkannya Peraturan Presiden No. 55 tahun 2019 tentang Percepatan  Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, menjadi regulasi utama bagi pengaturan KBL di Indonesia. Di antaranya mengatur tentang insentif, target TKDN, dan penugasan kepada salah satu BUMN yaitu PLN untuk menyediakan sistem pengisian kendaraan listrik umum.

Awal penerapan KBL di Indonesia, dilema yang dialami adalah situasi “ayam dan telur” yaitu mana terlebih dahulu yang didorong untuk ada.  Apakah kendaraannya ataukah stasiun pengisian kendaraan listriknya. Karena itu BPPT menggelar workshop tersebut dengan tema “Menuju Ekosistem KBL yang Kondusif”.  

Workshop yang akan diselenggarakan pkl 13.00 WIB - 16.00 WIB bertujuan untuk mendapatkan konsep model bisnis yang matang dan merangkum berbagai aspek dan sudut pandang pihak-pihak terkait. 

Sasarannya ialah mensosialisasikan gagasan dan konsep BPPT tentang Model Bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKL), untuk menjadi bahan rekomendasi bagi berbagai kalangan, juga mendapatkan masukan dan pemikiran strategis yang relevan untuk menjadi basis rancangan alternatif Model Bisnis SPKL. Sekaligus, melakukan benchmarking berbagai kemungkinan situasi penerapan SPKL. (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button