NEWS
Trending

BUMD Jabar Tertarik Kembangkan Energi Terbarukan

BUMD Jabar Tertarik Kembangkan Energi Terbarukan

Listrik Indonesia | Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Tirta Gemah Ripah (Tirta Jabar) bekerja sama dengan PT Migas Hulu Jabar (MUJ) melalui anak perusahaannya, PT Energi Negeri Mandiri (ENM) mengembangkan bisnis energi terbarukan.

Kerja sama tersebut terkait pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Cirompang di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut dan SPAM Regional Metropolitan Bandung Selatan.

Direktur PT ENM, Ruli Adi Prasetia mengatakan, Kerja sama ini menguatkan sinergitas antar BUMD dan afiliasinya. Diharapkan, kedua BUMD di Jabar ini makin berkembang dengan hasil usaha yang optimal.

"Sehingga memberikan dividen bagi Jawa Barat sekaligus mewujudkan Jabar Juara energi terbarukan," ujar Ruli Adi Prasetia melalui siaran pers, Sabtu (7/11/2020).

Ruli menyampaikan, kerja sama ini mencakup dua unit usaha Tirta Jabar yang sudah eksisting, yakni PLTMH Cirompang dan SPAM Regional Bandung Selatan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kapasitas PLTMH Cirompang dan mengoperasikan SPAM Bandung Selatan.

Sementara itu, Direktur Utama Tirta Jabar, Asep Winara menyampaikan, kapasitas terpasang PLTMH Cirompang mencapai 4x2 MW (8 MW) yang memanfaatkan aliran Sungai Cirompang dan listrik yang diproduksi dijual kepada PLN Distribusi Jawa Barat (DJB) untuk melayani lebih dari 35 ribu kepala keluarga (KK).

"PLTMH Cirompang telah beroperasi sejak 17 April 2016 dengan tarif penjualan tenaga listrik sebesar Rp850/kwh dan rata-rata produksi tenaga listrik sekitar 63.72 juta kwh per tahun serta telah memberikan kontribusi pendapatan operasional kepada Tirta Jabar," tambahnya.

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button