NEWS
Trending

Corona Berdampak Terhadap Sektor Energi

Corona Berdampak Terhadap Sektor Energi

Listrik Indonesia | Menteri ESDM, Arifin Tasrif meminta kepada seluruh pelaku usaha di sektor energi untuk bisa mewaspadai dampak dari penyebaran virus corona. Ia menilai, wabah ini sedikit banyak bisa berpengaruh langsung pada PNBP sektor energi.

Dikatakan Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia, adanya Covid-19 tetap bisa berpengaruh pada kegiatan ekspor batu bara Indonesia.

Dia memperkirakan akan ada kemungkinan penurunan permintaan energi dari China sekitar 15 hingga 20 persen. Namun, APBI belum dapat memastikan seperti apa dampak ke sektor pertambangan batu bara di tengah Covid-19 yang belum mereda.

Saat ini dampak yang terlihat akibat virus corona yaitu kapal yang mengangkut batu bara dari Indonesia ke China harus melalui proses karantina selama beberapa hari. "Kondisi ini membuat proses pengangkutan batu bara menjadi lebih lama dari biasanya," ucap Hendra.

Sementara itu, Arifin menilai dampak virus Covid-19 belum terlihat serius, apabila terus berlanjut dan meluas maka dampak negatif bisa langsung dirasakan bagi sektor tambang seperti migas maupun mineral dan batu bara. Pasalnya, negara-negara yang terkena wabah Covid-19 adalah negara yang selama ini menjadi konsumen utama bahan baku energi dari Indonesia, seperti China dan Korea Selatan.

Menurutnya, Batu bara dan LNG adalah dua komoditas yang berpotensi paling berdampak harganya. Untuk itu pelaku usaha juga diminta untuk mulai siapkan mitigasi terhadap anjloknya harga-harga komoditas.

“Memang harus diantisipasi pelaku usaha juga. Internalnya sendiri bagaiman melakukan proggram internal,” pungkasnya. (CR)

 

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button