Ceremony AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Danone-Aqua Segera Operasikan PLTS Atap di Pabrik Klaten 2.912 KWp


Listrik Indonesia | Produsen air minum dalam kemasan (AMDK) PT Danone Indonesia (Aqua) segera meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap berkapasitas 2.912 kilowatt peak (KWp) di Pabrik Danone-AQUA yang berlokasi di Klaten, Jawa Tengah.

Berdasarkan surat undangan peresmian PLTS atap di Klaten pada Selasa (6/10), Danone Indonesia telah menyatakan komitmen untuk menggunakan teknologi panel surya (solar panel) dengan total kapasitas sebesar 5.674 KWp pada 2020. Selain itu, Danone terus berupaya meningkatkan kapasitas panel surya atap (solar PV rooftop) tersebut ke depannya.

Danone Indonesia telah memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap sejak tahun 2017 di Pabrik Danone-AQUA Ciherang, Jawa Barat berkapasitas 770 KWp. Kemudian pabrik di Banyuwangi, Jawa Timur (kapasitas 378 KWp), dan instalasi terbaru di Pabrik Danone-AQUA Klaten Jawa Tengah (kapasitas 2.912 KWp).

PLTS atap di Pabrik Danone-AQUA Klaten ini merupakan solar panel terbesar oleh industri untuk pemakaian mandiri di Indonesia.

Pemerintah Indonesia terus berupaya melaksanakan percepatan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) agar dapat mencapai target 23% energi baru terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional tahun 2025 sebagaimana amanat Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Jawa Tengah merupakan provinsi dengan potensi energi surya rata-rata 4,05 kWh/kWp/hari, di atas rata-rata Indonesia (3,75 kWh/kWp/hari). Potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencapai target energi terbarukan daerah sebesar 11,6% (dari bauran energi) pada tahun 2020.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, berkolaborasi dengan Institute for Essential Services Reform (IESR), melalui inisiatif keberlanjutan Jateng Solar Province, telah mendeklarasikan diri untuk menjadi provinsi surya pertama di Indonesia.

Sebagai bentuk partisipasi dalam mengurangi dampak perubahan iklim serta mendukung target pemerintah Indonesia terkait penggunaan listrik yang bersumber dari energi terbarukan,

Dalam rangka peresmian pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pabrik Danone-AQUA di Klaten, serta sosialisasi perkembangan Jateng Solar Province oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Danone-AQUA mengundang rekan media untuk dapat berpartisipasi dalam acara media briefing virtual yang akan dilaksanakan pada Selasa, 6 Oktober 2020.

Pembicara dalam acara itu adalah Ganjar Pranowo, S.H, M.IP, Gubernur Jawa Tengah, Ir. F.X. Sutijastoto, M.A, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Dr.A.P.Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si, Kepala Dinas ESDM,

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Fabby Tumiwa, Direktur Eksekutif, Institute for Essential Services Reform (IESR) dan Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia, Direktur Total Indonesia, dan Andhika Prastawa, Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI).


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button