Activity CORPORATION NEWS
Trending

Data Konsumsi Listrik & Komunikasi Jadi Acuan Pemberian Bansos

Data Konsumsi Listrik & Komunikasi Jadi Acuan Pemberian Bansos
Arya Sinulingga, Staf khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik
Listrik Indonesia | Pemerintah akan menggabungkan data milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan PT Telkom (Persero) Tbk. untuk mempermudah penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan dengan penggabungan data tersebut diharapkan proses penyaluran bantuan dari pemerintah tidak memerlukan proses panjang sehingga dapat menghindari potensi adanya tindakan korupsi. Hal itu disampaikan Erick Thohir dalam acara Nusantara Fasion Festival secara virtual, Minggu (16/8/2020).

Staf khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga menjelaskan sistem penggabungan data pelanggan milik PLN dan Telkom bertujuan untuk memastikan bansos berjalan efektif.

Menurut Arya, PLN sudah mengantongi data pelanggan penerima subsidi dari pelanggan daya 450 VA dan 900 VA.

"PLN sudah tahu ada. Ada yang 450 VA ada yang 900 VA. Penerima subsidi mereka adalah secara ekonomi ada di bawah, acuan dasar masyarakat yang ekonomi lemah," ujarnya, Selasa (18/8).

Dia menuturkan, dari data PLN dan Telkom akan di-crosscheck. “Misalnya dari data pelanggan, ketahuan secara ekonomi lemah atau enggak," papar Arya.

Arya memaparkan baik pelanggan pascabayar atau prabayar akan terlihat pemakaian pelanggan dari nomor sehingga Telkom pun bisa crosscheck ke calon penerima bansos. (Zc)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button