Activity CORPORATION NEWS
Trending

Dekat Ibukota, Desa Ini Baru Mendapatkan Listrik

Dekat Ibukota, Desa Ini Baru Mendapatkan Listrik
Kepala Desa Sukarasa, Endang Farid. (foto tangkapan layar)
Listrik Indonesia | Berada di Kabupaten Bogor, Desa Sukarasa Kecamatan Tanjung Sari baru mendapatkan listrik dari PT PLN (Persero). Sebelumnya, warga di desa ini hanya menikmati listrik untuk penerangan saja dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang hanya dapat digunakan selama 1 jam per hari dengan daya 240 VA.

"Sejak 2011, Kampung Cibuyutan itu hanya mendapatkan penerangan dari PLTS yang diberikan oleh ESDM. Itu pada tahun 2011. Dari 2011 ini, pemakaian PLTS ini tidak efektif," ujar Kepala Desa Sukarasa, Endang Farid, dalam sebuah tayangan video, belum lama ini.

Menurutnya, warga di Kampung Cibuyutan yang dihuni oleh 127 Kepala Keluarga hanya bisa menikmati listrik satu jam saja per harinya. Sehingga, warga pun agak kesulitan untuk penerangan lingkungan," katanya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha mengakui, PLN telah bergerak cepat mendengar informasi ini. Pihaknua berkomitmen agar warga Desa Sukarasa dapat menikmati listrik setiap saat. 

"Pada pertengahan tahun 2019 lalu, 1 unit gardu 100 kVA serta JTM 3.971 kms dan JTR 0.98 kms telah terbangun di Desa Sukarasa. Dengan beralih ke listrik PLN, masyarakat dapat menikmati listrik dengan daya minimal 450VA dan dapat digunakan selama 24 jam," katanya.

Kini, desa yang berjarak tempuh 81.8 km dari pusat kota Bogor itu telah menikmati listrik dengan leluasa. Para orang tua dapat mengunakan listrik untuk bekerja seperti berternak ayam, membantu pekerjaan rumah seperti menyetrika, dan menambah wawasan dengan menonton TV. Bagi anak anak di desa, adanya listrik sangat bermanfaat bagi mereka karena kini mereka dapat belajar dimana saja seperti mengaji di mesjid atau belajar di rumah.

"Kami berharap, 117 rumah di Desa Sukarasa dapat menggunakan energi listrik untuk mendukung seluruh aktivitas keseharian masyarakat di berbagai bidang," tegasnya. (pin)

 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button