AGENDA
Trending

DEN dan DPR-RI Kunjungi DPRD Sulawesi Selatan, Dorong Penyelesaian RUED

DEN dan DPR-RI Kunjungi DPRD Sulawesi Selatan, Dorong Penyelesaian RUED
Listrik Indonesia | Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari Komisi VII mengunjungi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan dan diterima oleh Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari.

Anggota DEN Yusra Khan menjelaskan maksud kunjungan untuk mendorong percepatan penyelesaian Peraturan Daerah (Perda) Rencana Umum Energi Daerah (RUED) sesuai amanat Undang-Undang No. 30 tahun 2007 tentang Energi bahwa Pemerintah Daerah wajib menyusun Perda RUED Provinsi.

Presiden melalui Ketua Harian DEN senantiasa menekankan agar DEN melakukan pembinaan penyusunan RUED kepada Pemerintah Daerah dan mendorong Pemerintah Daerah menetapkan Perda RUED melalui langkah-langkah seperti kunjungan kerja ini, tambah Yusra.

Senada, Anggota DPR-RI Andi Yuliani Paris mendorong Pemerintah Daerah segera menetapkan Perda RUED dan mengusulkan agar DEN membimbing dalam penyusunan Perda RUED Provinsi Sulawesi Selatan bersama dengan Pemerintah Daerah yaitu Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Selatan dan instansi terkait lainnya.

Menanggapi hal itu, Andi Ina menegaskan dukungannya dalam penyusunan Perda RUED agar bisa berjalan dengan baik dan sudah beberapa kali dilakukan ekspose dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) serta berharap perda RUED dapat ditetapkan pada tahun 2021.

Anggota DEN As Natio Lasman menyatakan peran dan manfaat RUED bagi daerah antara lain menjamin ketersediaan energi di daerah hingga tahun 2050 dan sebagai dasar daerah untuk mengajukan anggaran melaui Anggaran Penerimaan Belanja Negara/Anggaran Penerimaan Belanja Daerah untuk pengembangan infrastruktur energi daerah terutama energi baru terbarukan.

Anggota DEN Agus Puji Prasetyono menyampaikan ke depan perlu percepatan untuk penyelesaian Perda RUED, dengan pengelolaan energi yang baik dapat memberikan ketahanan, dan kemandirian energi, dan berharap tahun ini Perda RUED dapat diselesaikan.

Anggota DEN Musri menjelaskan masih adanya daerah terpencil yang belum teraliri listrik, untuk itu daerah tersebut agar difokuskan untuk mendapatkan aliran listrik dengan memanfaatkan energi yang bersifat kearifan lokal, seperti penggunaan energi baru terbarukan.

Sekretaris Jenderal DEN diwakili oleh Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak menyampaikan penyusunan RUED Provinsi sudah berproses dengan baik, seperti melakukan sosialisasi, dan training pemodelan energi setempat, serta berharap Perda RUED dapat segera diselesaikan segera.

Mengenai status penyusunan Rancangan Perda RUED, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan Andi Irawan Bintang mengungkapkan Rancangan Perda RUED sudah diajukan pada tahun 2020 melalui Biro Hukum namun terkendala adanya pandemi Covid-19, untuk saat ini sedang proses pembahasan dengan Bapemperda DPRD Sulawesi Selatan.

RUED Provinsi adalah kebijakan Pemerintah Provinsi mengenai rencana pengelolaan energi tingkat provinsi yang merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang bersifat lintas sektor untuk mencapai sasaran RUEN dan hingga akhir April 2021 sudah 20 Provinsi telah menetapkan Perda RUED.

Yusra menutup dengan berharap Perda RUED Sulawesi Selatan yang saat ini sedang disusun oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan bersama DPRD dapat diselesaikan pada tahun 2021.

Hadir dalam kesempatan ini Ketua Komisi D DPRD Sulawesi Selatan Rahman Pina, Wakil Ketua Bapemperda DPRD Sulawesi Selatan Andi Januar Jaury Dharwis, dan secara virtual Anggota DEN Satya Widya Yudha, Herman Darnel Ibrahim, Daryatmo Mardiyanto, Eri Purnomohadi, serta Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button