DEN dan Menteri ESDM Gelar Rapat Penyusunan Peta Transisi Energi

DEN dan Menteri ESDM Gelar Rapat Penyusunan Peta Transisi Energi


Listrik Indonesia | Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral sebagai Ketua Harian DEN  mengawali pertemuan dengan DEN di tahun 2023 dengan memimpin rapat  Transisi Energi Menuju Net Zero Emission 2060 secara hybrid bersama Anggota Dewan Energi Nasional yang bertempat di Kementerian ESDM. Jumat, (6/1/2023).

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DEN dari Unsur Pemangku Kepentingan Agus Pudji Prasetyono, Musri Mawaleda, Satya Widya Yudha, Herman Darnel Ibrahim,  Daryatmo Mardiyanto,  Eri Purnomohadi, Yusra Khan, Sekretaris Jenderal DEN. Hadir  juga wakil tetap Kementerian Keuangan, BRIN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga Staf Ahli Menteri ESDM.

 

Dalam kesempatan tersebut Anggota Unsur  Pemangku Kepentingan DEN, Satya memaparkan strategi transisi energi dengan beberapa pendekatan kepada Ketua Harian DEN.

 

Dalam keterangan resmi DEN, arahan Ketua Harian DEN diantaranya untuk menentukan prioritas sumber energi yang akan didorong pemanfaatannya dalam jangka waktu 10 s.d. 15 tahun mendatang untuk mencapai target Net Zero Emission tahun 2060. Dalam mencapai target NZE tersebut perlu diperhatikan juga ketergantungan energi fosil dalam negeri sehingga dapat menurunkan impor dan menjaga pertumbuhan ekonomi.

 

Tindak lanjut yang perlu dilakukan diantaranya perlunya peta jalan NZE disusun per region dengan mempertimbangkan Perda RUED yang telah ditetapkan oleh masing - masing Provinsi, juga meningkatkan koordinasi dengan Anggota Dewan Energi Nasional dari Pemerintah.

 

Dalam upaya mewujudkan ketahananan energi yang tangguh dan dekarbonisasi untuk mencapai net zero emission 2060 juga pencapaian sistem energi yang rendah karbon maka penyusunan peta jalan transisi energi  menjadi topik menarik dalam pembahasan  Anggota Dewan Energi Nasional bersama Ketua  Harian DEN, Menteri ESDM. 

 

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index