Profil PT EMI, BUMN Bidang Energi yang Fokus Kembangkan Energi Terbarukan

Profil PT EMI, BUMN Bidang Energi yang Fokus Kembangkan Energi Terbarukan
Listrik Indonesia | PT Energy Management Indonesia (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang Industri Energi, Minyak dan Gas. Sedikitnya ada tiga layanan yang menjadi fokus PT EMI yaitu, EEC Engineering and Implementation, New & Renewable Energy Utilization, dan EEC Power Solutions.

PT EMI adalah Perusahaan yang secara eksklusif berperan sebagai agen konservasi energi dan pengembangan energi baru terbarukan. PT EMI mengemban amanat Pemerintah dalam penyediaan energi berwawasan lingkungan serta memberikan nilai ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

Dalam seajrahnya, PT EMI berdiri sejak tahun 1987. Kala itu namanya masih PT. Konservasi Energi Abadi atau disingkat PT Koneba yang terbentuk dari gabungan lima industri pupuk nasional, yaitu PT Pupuk Sriwijaya, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Kalimantan Timur, dan PT Petrokimia Gresik.

Kemudian pada 1993, status PT Koneba berubah menjadi BUMN melalui PP No.2 tahun 1993, dimana maksud dan tujuan Perseroan adalah untuk ikut melaksanakan program Pemerintah di bidang konservasi energi dengan memberikan jasa pelayanan konsultansi konservasi energi yang meliputi pelatihan, audit energi, perekayasaan dan konstruksi dalam arti seluas-luasnya guna meningkatkan efisiensi penggunaan energi yang berwawasan lingkungan.

Pada 12 Oktober 2006 berdasarkan rencana pengembangan bisnis perusahaan menuju usaha efisiensi energi, konservasi energi, energi baru terbarukan serta konservasi sumber daya alam, PT. Koneba (Persero) berubah menjadi PT  Energy Management Indonesia (Persero).

Melalui PP No.65 Tahun 2021 tanggal 4 Mei 2021 yang ditindaklanjuti dengan penerbitan Akta Penyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa nomor 34 tanggal 7 September 2021, PT EMI resmi menjadi bagian dari PT PLN (Persero).

PT EMI berperan untuk mengakselerasi program transformasi green & clean energy yang sudah berjalan di lingkungan PT PLN (Persero) dan menambah portfolio perseroan.

Berikut layanan PT EMI:

1. EEC Engineering and Implementation

Pada lini EEC Engineering and Implementation EMI menyediakan layanan komprehensif mulai dari feasibility study, desain dan engineering, pelaksanaan EPC, Project Management Consultant serta Operasi dan Pemeliharaan untuk proyek-proyek Konservasi Energy & Lingkungan, antara lain:

- Energy Audit
- Benchmark & Gap Closing
- Energy & Environmental Management
- Industrial Technology Consulting
- Industrial & Power Plants
- Solid Waste
- Water & Wastewater Treatment
- Flue Gas Control & Environmental Monitoring

2. New & Renewable Energy Utilization

Kini EMI juga tengah mengembangkan pemanfaatan Energi Terbarukan, khususnya biomassa dan Bioenergi terdesentralisasi yang melibatkan masyarakat dan sumber daya setempat untuk digunakan sebagai energi alternatif untuk konversi LPG/BBM, Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM) dan Cofiring Batubara.

3. EEC Power Solutions

Pada jasa power solutions, EMI berfokus pada peningkatan efisiensi energi pengguna akhir mulai dari Audit Energi dan Studi Kelayakan, hingga pelaksanaan proyek-proyek hemat energi pada Green Economy Estate seperti Penerangan Jalan Umum dan Green Building atau Green Industrial Estate, antara lain:

- Energy Audit and other Services
- Street Lighting/Penerangan Jalan Umum
- Green Buildings
- Green Industrial Parks
- Energy Efficient Process Package Unit
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index