Dana Bakal Cair, JETP Segera Diimplementasi

Dana Bakal Cair, JETP Segera Diimplementasi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sementara, Erick Thohir Menyampaikan Soal JETP

Listrik Indonesia | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sementara, Erick Thohir, menyatakan bahwa dokumen rencana investasi dan kebijakan komprehensif, atau yang dikenal sebagai Comprehensive Investment and Policy Plan (CIPP) dalam Just Energy Transition Partnership (JETP), menandai penutupan masa perencanaan.

Erick menekankan pentingnya percepatan implementasi pendanaan JETP, terutama karena Indonesia telah mengambil langkah penting dalam mendorong transisi energi. Negara ini telah aktif dalam pengembangan energi terbarukan untuk mencapai dekarbonisasi sektor ketenagalistrikan dan industri. Upaya ini melibatkan pembangunan rantai pasok teknologi energi terbarukan guna memperkuat industri dalam negeri.

JETP dianggap sebagai jembatan penting bagi Indonesia dalam mendorong transisi energi sesuai dengan komitmen yang tertera dalam Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC) dan upaya mencapai net zero emission pada tahun 2060, atau mungkin lebih cepat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menjelaskan, "JETP adalah langkah nyata Indonesia dalam mempercepat transisi energi sesuai dengan komitmen dalam target ENDC, di mana kita berharap mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060."

Pemerintah menilai bahwa penyelesaian formulasi skenario dekarbonisasi, daftar proyek prioritas, dan mekanisme pembiayaan yang terdapat dalam dokumen CIPP adalah bukti komitmen JETP dalam mendukung perencanaan dan pengambilan kebijakan di sektor ketenagalistrikan berbasis energi hijau di Indonesia.

Dalam kaitannya, Kementerian ESDM telah menyiapkan peta jalan menuju net zero emission dalam sektor energi sebagai dasar transisi energi hingga tahun 2060. Target JETP dianggap lebih ambisius dan tinggi dibandingkan dengan target yang tertera dalam Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) dan Peta Jalan Net Zero Emission (NZE) sektor energi.

"Target-target yang ditetapkan dalam JETP merupakan target yang bersyarat, yang hanya bisa dicapai melalui kerja sama teknis dan pendanaan dari berbagai pihak," ujar Arifin.**

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

#Kementerian ESDM

Index

Berita Lainnya

Index