PLN Sukses Raih 5 Penghargaan Enlit Asia, Kalahkan Singapura hingga Korsel

PLN Sukses Raih 5 Penghargaan Enlit Asia, Kalahkan Singapura hingga Korsel
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang juga meraih penghargaan "Male Executive of the Year," menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut.

Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) meraih prestasi gemilang dengan menyabet lima penghargaan bergengsi dari 12 kategori dalam ajang Power & Energy Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Enlit Asia. Keberhasilan ini mencatat pencapaian perdana PLN dalam tiga tahun penyelenggaraan acara tersebut.

Penghargaan yang diraih PLN meliputi Power Utility of the Year, Innovation of the Year untuk aplikasi PLN Mobile, Renewable Energy & Sustainability Project of the Year untuk Proyek PLTS Terapung Cirata, dan ASEAN Electrification Project of the Year untuk elektrifikasi Kalimantan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang juga meraih penghargaan "Male Executive of the Year," menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan ini menjadi hasil dari upaya transformasi PLN dalam menjawab tantangan global.

Selama tiga tahun terakhir, PLN telah melakukan transformasi yang mengubah orientasi perusahaannya dari yang sebelumnya bersifat retrospektif menjadi lebih proaktif ke depan. Proses bisnis PLN, yang sebelumnya manual, saat ini telah sepenuhnya diubah menjadi sistem digital yang mencakup seluruh rangkaian, mulai dari pembangkitan, transmisi, hingga distribusi, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya transisi energi.

"Saat ini kita menghadapi tantangan yang sama, yaitu perubahan iklim. Untuk itu, kami membangun perencanaan kelistrikan yang ramah lingkungan dalam sejarah. Kami telah membangun strategi yang lebih agresif dalam mempercepat penggunaan energi baru terbarukan," kata Darmawan. ucapnya.

Namun, Darmawan juga mengakui bahwa untuk menghadapi tantangan tersebut, PLN perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak. Melalui acara ini, PLN berbagi visi dan berkomitmen untuk membangun fondasi yang kuat guna mewujudkan kolaborasi yang kuat di masa depan.

Menurut Darmawan, Penghargaan yang diraih adalah hasil kerja keras seluruh karyawan PLN yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan perusahaan kepada masyarakat. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pendorong semangat bagi seluruh karyawan untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik.

"Penghargaan ini diberikan kepada 60.000 insan PLN yang bekerja keras untuk dapat melayani pelanggan dengan lebih baik," ujarnya.

Direktur Energi untuk Clarion Events Asia, Simon Hoare menjelaskan bahwa Enlit Asia berusaha untuk melibatkan berbagai pihak, memberikan edukasi, dan memajukan transisi energi di Asia. 

Menurutnya, ajang ini menjadi platform untuk mendorong kolaborasi lebih besar di seluruh industri energi di Asia, dengan menghubungkan regulator, penyedia teknologi, hingga konsumen energi. Hal tersebut ia ungkapkan dalam keterangan tertulis, Minggu (26/11/2023).

"Di Enlit Asia, kami bertujuan mendorong kolaborasi yang lebih besar di seluruh industri dengan menghubungkan dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pada sektor energi di Asia, mulai dari regulator, penyedia teknologi, hingga konsumen energi. Sehingga menghadirkan perspektif internasional dalam satu platform untuk mengambil tindakan menuju masa depan energi berkelanjutan di Asia," katanya.

Penghargaan dalam Enlit Asia diberikan secara objektif oleh 34 dewan juri yang merupakan para profesional, pakar, dan akademisi lintas negara. Simon menegaskan bahwa penghargaan ini menjadi tolok ukur dan pengakuan bagi mereka yang berkomitmen dalam transisi energi di kawasan Asia.

Diketahui bahwa pada penyelenggaraan Power Energy Awards sebelumnya, dominasi pemenang dipegang oleh perusahaan asal Malaysia, Singapura, dan Thailand. Namun, pada gelaran Power & Energy Awards kali ini, PLN berhasil mencatatkan keunggulan, terutama dengan Direktur Utama Darmawan Prasodjo meraih "Male Executive of the Year" dan kemenangan dalam kategori Power Utility melampaui pesaing dari Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Korea Selatan.

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

#Listrik

Index

Berita Lainnya

Index