Ini Potensi Energi Terbarukan Kalimantan Timur

Ini Potensi Energi Terbarukan Kalimantan Timur

Listrik Indonesia | Kalimantan Timur, sebuah daerah yang kaya akan keindahan alamnya, ternyata tidak hanya menyimpan kekayaan alam dalam bentuk keindahan hutan dan flora-faunanya. Kabar gembira datang dari sektor energi terbarukan di wilayah ini, yang diungkapkan melalui situs web Layanan Informasi dan Investasi Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM. Potensi energi terbarukan di Kalimantan Timur mencapai angka yang mengagumkan, mencapai sekitar 34,105 GW.

Variasi Potensi Energi Terbarukan:

Provinsi Kalimantan Timur memiliki keberagaman potensi energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat. Berikut adalah rincian potensi energi terbarukan berdasarkan jenis sumbernya:

Energi Air: 16,844 GW (bersama Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah)

Potensi energi air menjadi salah satu keunggulan Kalimantan Timur, terutama dengan potensi sebesar 16,844 GW yang bersamaan dengan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Sungai-sungai yang melintasi daerah ini menjadi sumber daya vital untuk pembangkit listrik tenaga air.

Energi Minihidro dan Mikrohidro: 3,562 GW

Selain energi air besar, potensi energi dari sumber minihidro dan mikrohidro juga cukup signifikan, mencapai 3,562 GW. Hal ini menunjukkan diversifikasi dalam pemanfaatan sumber daya air yang lebih kecil untuk memproduksi energi.

Energi Surya: 13,47 GW

Matahari bersinar terang di Kalimantan Timur, memberikan potensi energi surya sebesar 13,47 GW. Untuk memanfaatkannya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah mengambil langkah maju dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Energi Angin atau Bayu: 212 Megawatt (MW)

Meskipun potensinya lebih kecil dibandingkan dengan sumber energi lainnya, energi angin atau bayu tetap memberikan kontribusi sebesar 212 MW. Inovasi dalam teknologi pembangkit listrik angin dapat menjadi alternatif yang menarik.

Panas Bumi: 17 MW

Panas bumi menjadi sumber energi lain yang dapat dimanfaatkan, meskipun dalam skala yang lebih kecil. Dengan potensi sebesar 17 MW, pengembangan teknologi panas bumi dapat menjadi investasi yang menjanjikan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, melalui upaya keras Pemprov Kaltim, berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat pedalaman, terutama dalam hal listrik. Dalam rangka ini, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi langkah strategis yang diambil, dengan alokasi anggaran sebesar Rp54 miliar.

Dengan potensi energi terbarukan yang melimpah, Pemprov Kaltim tidak hanya menciptakan sumber energi yang berkelanjutan tetapi juga membuka peluang baru untuk pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Langkah-langkah progresif ini menunjukkan bahwa Kalimantan Timur tidak hanya menjadi destinasi alam yang menakjubkan tetapi juga pemimpin dalam pemanfaatan energi terbarukan untuk menerangi masa depan.

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

#Energi Terbarukan

Index

Berita Lainnya

Index