Apa Itu Standby Power? Tips untuk Mengurangi Konsumsi Listrik saat Peralatan Tidak Digunakan

Apa Itu Standby Power? Tips untuk Mengurangi Konsumsi Listrik saat Peralatan Tidak Digunakan
Ilustrasi stand by power.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak peralatan elektronik yang terus-menerus mengonsumsi listrik meskipun sedang tidak digunakan. Fenomena ini dikenal sebagai "standby power" atau "vampire power." Meskipun konsumsi listrik dari satu perangkat mungkin terlihat kecil, namun jika diakumulasikan dari semua peralatan di rumah, jumlahnya bisa cukup signifikan. Artikel ini akan menjelaskan apa itu standby power dan memberikan tips praktis untuk mengurangi konsumsi listrik saat peralatan tidak digunakan.

Apa Itu Standby Power?
Standby power merujuk pada daya listrik yang terus mengalir ke peralatan elektronik meskipun dalam kondisi stand-by atau tidak aktif. Peralatan seperti televisi, charger, modem, dan perangkat elektronik lainnya tetap terhubung ke sumber listrik untuk menjaga fungsionalitas tertentu, seperti kemampuan menyala dengan cepat saat diaktifkan.

Mengapa Standby Power Penting untuk Dikurangi

  1. Kontribusi Terhadap Tagihan Listrik: Meskipun peralatan dalam mode stand-by mengonsumsi daya yang relatif kecil, tetapi jika diabaikan, kontribusinya terhadap tagihan listrik bulanan dapat meningkat.
  2. Dampak Lingkungan: Standby power juga memiliki dampak pada lingkungan. Penggunaan energi yang berlebihan dapat berkontribusi pada emisi gas rumah kaca dan mempercepat perubahan iklim.
  3. Umur Pakai Peralatan: Peralatan yang terus-menerus terhubung ke sumber listrik cenderung mengalami penuaan lebih cepat, mempersingkat umur pakai mereka.

    Tips untuk Mengurangi Standby Power: 

    Gunakan Stop Kontak dengan Saklar:
    Hubungkan peralatan ke stop kontak yang dilengkapi dengan saklar. Dengan mematikan saklar saat tidak digunakan, Anda dapat sepenuhnya memutus pasokan listrik ke perangkat. 

    Pertimbangkan Penggunaan Power Strip:
    Gunakan power strip untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus. Dengan mematikan power strip, Anda dapat secara efektif memutuskan daya listrik dari beberapa peralatan sekaligus.


Pilih Peralatan yang Ramah Energi:
Saat membeli peralatan baru, perhatikan label energi dan pilih yang memiliki sertifikasi ramah energi. Peralatan ini cenderung memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dalam mode stand-by.

Atur Timer atau Mode Eco:
Beberapa peralatan memiliki fitur timer atau mode eco yang dapat mengatur waktu stand-by atau mematikan perangkat secara otomatis setelah periode tidak aktif.

Periksa Pengaturan Peralatan:
Periksa menu pengaturan peralatan Anda. Beberapa perangkat menyediakan opsi untuk mematikan fungsi stand-by atau menyesuaikan penggunaan daya dalam kondisi tertentu.

Matikan Peralatan Secara Manual:
Jika memungkinkan, matikan peralatan secara manual setelah penggunaan. Ini termasuk TV, perangkat audio, dan peralatan lain yang mungkin tetap aktif setelah pemakaian.

Mengurangi standby power bukan hanya cara untuk menghemat uang, tetapi juga kontribusi positif terhadap lingkungan. Dengan kesadaran dan tindakan yang tepat, kita dapat meminimalkan konsumsi listrik yang tidak perlu dari peralatan stand-by, mendukung keberlanjutan, dan merawat peralatan elektronik agar tetap berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

#Listrik

Index

Berita Lainnya

Index