Unggul dalam Keselamatan dan Kesehatan, PLNE Peroleh Penghargaan Maturity Level K3 di Kawasan Sulawesi Selatan

Unggul dalam Keselamatan dan Kesehatan, PLNE Peroleh Penghargaan Maturity Level K3 di Kawasan Sulawesi Selatan
PLNE Raih Penghargaan Maturity Level K3 di Kawasan Sulawesi Selatan.

Listrik Indonesia | PLNE yang diwakili oleh Henry Yose sebagai Project Team Leader (PTL) dan tim PLTU Sulsel Barru berhasil meraih penghargaan Maturity Level Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terbaik di Area Kerja Sulawesi Selatan Tahun 2023. Penghargaan ini diberikan pada saat Apel Bulan K3 Nasional 2024 yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Pembangkit (UPP) Sulawesi Selatan di Kantor Unit Induk Pembangkit (UIP) Sulawesi pada hari Senin (05/02/2024).

Maturity Level dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan tingkat kematangan suatu organisasi dalam mengelola aspek K3. Penghargaan Maturity Level ini sering kali terkait dengan implementasi sistem manajemen K3 yang efektif dan terintegrasi dalam operasi sehari-hari perusahaan.

Prestasi ini mencerminkan komitmen PLNE dalam menjaga standar keselamatan dan kesehatan tinggi dalam operasional mereka. Proses penilaian untuk penghargaan ini melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap berbagai aspek. 

PLNE menunjukkan keahlian dan konsistensi dalam penerapan working permit, memimpin rapat bulanan K3, mengikuti edukasi yang diselenggarakan PLN maupun konsultan supervisi, rutin melakukan inspeksi APD, menyediakan peralatan kerja, sarana P3K, peralatan pemadam kebakaran, serta tepat waktu dalam pengumpulan laporan maturity level kontraktor.

PLNE berkomitmen untuk selalu peduli dan sadar akan praktik K3 di lingkungan kerja. Karena tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia.

Sebagai informasi tambahan, beberapa penghargaan atau kerangka kerja yang digunakan untuk mengukur Maturity Level Keselamatan dan Kesehatan Kerja dapat mencakup:

ISO 45001:2018 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja): ISO 45001 adalah standar internasional untuk sistem manajemen K3. Organisasi dapat dievaluasi berdasarkan Maturity Level dalam menerapkan standar ini, yang mencakup identifikasi risiko, pengelolaan kepatuhan, partisipasi pekerja, dan pemantauan kinerja K3.

OSHA Voluntary Protection Programs (VPP): Program ini dijalankan oleh Occupational Safety and Health Administration (OSHA) di Amerika Serikat. VPP memberikan penghargaan kepada perusahaan yang mencapai tingkat keselamatan dan kesehatan kerja yang tinggi melalui partisipasi pekerja, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi OSHA.

British Safety Council Five Star Occupational Health and Safety Audit: Organisasi yang menjalani audit lima bintang oleh British Safety Council dapat menerima penghargaan berdasarkan Maturity Level mereka dalam manajemen K3. Audit ini mencakup berbagai aspek seperti kebijakan K3, pelatihan, dan pengukuran kinerja.

Safety Culture Maturity Model (SCMM): Model ini memberikan kerangka kerja untuk mengukur dan meningkatkan kematangan budaya keselamatan di dalam suatu organisasi. Ini melibatkan aspek-aspek seperti kepemimpinan, komunikasi, partisipasi pekerja, dan pembelajaran organisasi.

Setiap penghargaan atau model memiliki kriteria sendiri untuk menilai tingkat kematangan organisasi dalam manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Organisasi yang mencapai Maturity Level yang tinggi cenderung memiliki lingkungan kerja yang lebih aman, karyawan yang lebih sadar akan risiko, dan sistem manajemen K3 yang terintegrasi dengan baik dalam operasi sehari-hari.

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

#PLN

Index

Berita Lainnya

Index