Andalkan Teknologi, Upaya PT CNG TBK Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat

Andalkan Teknologi, Upaya PT CNG TBK Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat
PT Citra Nusantara Gemilang TBK merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi gas bumi dalam bentuk compressed natural gas (CNG).

Listrik Indonesia | PT Citra Nusantara Gemilang TBK merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi gas bumi dalam bentuk compressed natural gas (CNG) untuk sektor industri, retail dan transportasi. CNG merupakan gas bumi yang ditempatkan pada tekanan tinggi sehingga volumenya menjadi sekitar 1/250 dari volume gas bumi pada keadaan standar. 

Direktur Utama PT CNG Tbk, Andika Purwonugroho mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dari berdirinya PT CNG Tbk, diantaranya memanfaatkan gas alam yang berasal dari Indonesia untuk dapat dinikmati masyarakat di Indonesia yang tidak tersentuh akses infrastruktur jaringan gas.

“Saat mulai beroperasi sejak 2006, PT CNG Tbk melihat kondisi infrastruktur gas alam di Indonesia belum sepenuhnya menjangkau pengguna energi, seperti di pulau Jawa bagian tengah dan selatan. Berbeda dengan bagian utara Jawa karena adanya sumber gas dan jaringan pipa gas utama sehingga mereka mudah untuk mendapatkan sumber gas,” dikutip dari Majalah Listrik Indonesia, Edisi 96.

CNG merupakan teknologi yang dapat mendistribusikan gas alam melalui trucking tanpa menggunakan jaringan pipa. 

 “Saat ini kami memanfaatkan gas yang berasal dari pipa transmisi utama, seperti di Jawa Barat dan Jawa Timur, yang kami beli dari grup bisnis perusahaan, untuk diproses menjadi CNG dan didistribusikan kepada para pelanggan yang tidak memiliki akses gas alam,” ucap dia.

Untuk bagian tengah dan selatan pulau Jawa, lanjut dia, kami menyebutnya dengan depo CNG, seperti di Bandung, Yogyakarta dan Malang. 

“Depo CNG ini akan mendistribusikan CNG dengan skala yang lebih kecil dari pabrik untuk melayani target pasar commercial business skala kecil dan menengah, seperti hotel, restoran, industri makanan, dan UMKM,” jelas Andika.

Menurut dia, PT CNG Tbk terus mendorong penggunaan gas alam untuk dapat dinikmati oleh seluruh penggunaan energi bahan bakar minyak dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) yang diperoleh dari luar negeri dengan mengikuti harga minyak dunia,” ujar dia.

Pemerintah memiliki strategi dalam mencapai target net zero emission (NZE) di 2060 dengan meningkatkan bauran energi untuk menekan emisi. 

“Penggunaan gas alam menjadi salah satu solusi dalam melakukan bauran energi hingga 2030. Kondisi ini menjadi potensi PT CNG Tbk untuk melakukan pengembangan bisnis ke depan,” ujar Andika.

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

#Gas Bumi

Index

Berita Lainnya

Index