PPSDM KEBTKE Perkuat Sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta Percepat Transisi Energi

PPSDM KEBTKE Perkuat Sinergi dengan Pemprov DKI Jakarta Percepat Transisi Energi
Dok: Kementerian ESDM

Listrik Indonesia | Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM terus memperkuat sinerginya dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya percepatan transisi energi. Hal ini dibuktikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Pengembangan SDM Bidang KEBTKE dan Audit Energi di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kerja sama ini meliputi pengembangan SDM bidang KEBTKE yang profesional dan kompeten, serta pelaksanaan audit energi pada bangunan gedung di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kepala PPSDM KEBTKE, Albertus Susetyo Edi Prabowo, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan bukti nyata komitmen Kementerian ESDM dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendukung program transisi energi.

"Pemerintah Indonesia terus mendorong percepatan transisi energi di dalam negeri guna mencapai target net zero emission pada tahun 2060. Untuk itu, diperlukan SDM yang profesional dan kompeten di bidang KEBTKE," ujar Susetyo di Jakarta (27/3)

Lebih lanjut, Susetyo Edi menjelaskan bahwa PPSDM KEBTKE siap mendukung penuh Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan SDM dan melakukan audit energi pada bangunan gedung.

"Kami memiliki berbagai program pelatihan dan sertifikasi di bidang KEBTKE, serta tim auditor yang berpengalaman dan profesional," lanjut Susetyo.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Pemprov DKI Jakarta, Hari Nugroho, menyampaikan apresiasinya atas kerjasama dengan PPSDM KEBTKE.

"Kami sangat mengapresiasi kerjasama dengan PPSDM KEBTKE. Kami yakin kerjasama ini akan sangat bermanfaat bagi Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan transisi energi," ujar Hari.

Hari Nugroho juga menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah berkomitmen untuk melakukan audit energi pada seluruh bangunan gedung milik pemerintah.

"Kami menargetkan seluruh bangunan gedung milik pemerintah di DKI Jakarta telah diaudit energinya pada tahun 2025," ungkapnya.

Kerjasama antara PPSDM KEBTKE dan Pemprov DKI Jakarta ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya percepatan transisi energi di Indonesia. Kerjasama ini merupakan bukti nyata komitmen PPSDM KEBTKE dan Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan pengelolaan energi yang berkelanjutan.

Sebagai informasi kerjasama ini merupakan kelanjutan dari kerjasama yang telah terjalin sejak tahun 2022. Pada tahun 2022, PPSDM KEBTKE telah melatih dan mensertifikasi 100 orang peserta dari Pemprov DKI Jakarta. Para Auditor energi pada 10 bangunan gedung/kantor instansi pemerintah di DKI Jakarta diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi langkah-langkah penghematan energi.

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

#Kementerian ESDM

Index

Berita Lainnya

Index