Event AGENDA NEWS
Trending

Di Ajang IEMS 2021, IT-PLN Pamer Sederet Karya Kendaraan Listrik

Di Ajang IEMS 2021, IT-PLN Pamer Sederet Karya Kendaraan Listrik

Listrik Indonesia | Pada ajang pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Institut Teknologi memboyong empat unit kendaraan listriknya.

Kendaraan bermotor roda 2 roda 3 maupun roda 4 merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, maka penggunaan BBM pun juga meningkat. Dalam rangka mengatasi permasalahan polusi akibat dari penggunaan BBM pada kendaraan, Institut Teknologi/IT-PLN membuat kendaraan listrik berbagai jenis untuk masyarakat.

Ketua Pusat Penelitian dan Pengkajian Kendaraan Listrik (P3KL), Dr. Ir. Pawenary, M.T. menjelaskan, saat ini IT-PLN terus mengembangkan teknologi dari kendaraan listrik. Saat ini kendaraan listrik yang dikerjakan IT-PLN masih tahap prototype.

“Ada empat unit kendaraan listrik yang kita buat yaitu  roda 2, roda 3, roda 4 dan mobil formula. Kami menyebutnya Karing (Kendaraan Ramah Lingkungan),” ujar Pawenary.

“Kendaraan listrik yang dibuat oleh IT-PLN hasil kolaborasi Dosen dengan Mahasiswa,” imbuhnya.

Dijelaskan oleh Reza Mahasiswa IT-PLN yang iut dalam proyek tersebut. Karing roda 2/2R merupakan inovasi baru pada motor listrik ini. IT PLN turut menghadirkan solar cell di bagian belakang sepeda motor. Penambahan komponen ini nantinya berfungsi untuk menangkap sinar matahari secara langsung, dan bisa menambah daya baterai saat berjalan di siang hari. Karing 2R ini menggunakan BLDC sebagai penggeraknya dengan daya 3000 Watt, jarak tempuh mampuh mencapai 100 km/hr dan kapasitas baterai 2.880 Wh, 60 Volt, 4.8 Ah.

 

Selanjutnya, Karing 3R kendaraan yang dirancang untuk keperluan pengguna di lingkungan rumah, panel surya yang dipasang pada kendaraan listrik roda 3 itu untuk penambah daya energi. Kecepatannya mencapai 115 km/h. Kemudian mobil listri roda 4 atau Karling 4R didesain untuk kendaraan berpenumpang kecepatannya mencapai 60 km/h.

“Kami senang bisa memamerkan karya kami di IEMS 2021 dan di sini kami bisa belajar dari universitas dan perusahaan yang sudah memproduksi kendaraan listrik,” ujar Reza. Kamis, (25/11/2021).


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button