AGENDA NEWS
Trending

Dirjen MINERBA : Minerba Berperan Memulihkan Ekonomi Nasional di Saat Pandemi

Dirjen MINERBA : Minerba Berperan Memulihkan Ekonomi Nasional di Saat Pandemi
Listrik Indonesia | Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyelenggarakan kegiatan Minerba Virtual Expo 2020, pada hari ini Kamis (10/12) sampai dengan hari Jum’at (11/12). Kegiatan Minerba Virtual Expo 2020 merupakan pameran virtual pertama yang diadakan oleh Ditjen Minerba dalam rangka menyampaikan kepada publik terkait kiprah dan capaian kinerja subsektor pertambangan minerba pada masa pandemi covid-19.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Ridwan Djamaluddin, mengatakan, Minerba Virtual Expo 2020 dilaksanakan dengan tujuan menampilkan capaian kinerja Ditjen Minerba dan inovasi dalam bidang pelayanan publik, menyampaikan regulasi dan kebijakan baru subsektor pertambangan minerba sehubungan dengan telah diterbitkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba, menampilkan inovasi, kinerja, dan capaian perusahaan pertambangan minerba di masa pandemi Covid-19.

“Termasuk, program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar area pertambangan minerba serta menyampaikan bahwa industri pertambangan minerba tetap memiliki peran penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dalam masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Ridwan, dalam sambutannya di acara tersebut, Kamis (10/12/2020).

Sebagai informasi, Minerba Virtual Expo 2020 diikuti oleh tiga puluh peserta yang terdiri atas perusahaan- perusahaan yang bergerak pada subsektor pertambangan minerba, asosiasi pertambangan minerba, serta unit-unit Eselon I di lingkungan KESDM. “Minerba Virtual Expo 2020 diselenggarakan dengan rangkaian program yang terdiri atas pameran inovasi dari seluruh pelaku pertambangan minerba serta 4 sesi webinar yang merupakan sarana untuk berdiskusi dan brainstorming terhadap isu-isu pertambangan minerba terkini,” kata dia.

Ridwan menambahkan, keempat sesi Webinar Minerba Virtual Expo 2020, terdiri atas Sesi Pembaharuan Peraturan Subsektor Pertambangan Minerba, Sesi Kiprah Industri Pertambangan Minerba di Masa Pandemi Covid-19, Sesi Hilirisasi Minerba dan Masa Depan Industri Pertambangan Indonesia serta Sesi Pengutamaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Sektor Pertambangan dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Nasional.

Walaupun Minerba Virtual Expo 2020 diselenggarakan secara virtual, lanjut dia, namun Ditjen Minerba tetap membuka kesempatan untuk dapat melakukan interaksi langsung antara peserta pameran dan pengunjung pameran melalui fitur live chat yang telah disediakan di setiap booth peserta pameran dengan dilengkapi informasi-informasi subsektor pertambangan minerba terkini.

“Dengan diselenggarakannya Minerba Virtual Expo 2020 ini diharapkan akan menjadi pembuka dari rangkaian besar pameran virtual di Ditjen Minerba. Kedepan Ditjen Minerba akan terus menyelenggarakan Minerba Virtual Expo sebagai bagian dari kegiatan rutin Ditjen Minerba,” tandas Ridwan. (TS)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button