NEWS
Trending

DPS Suplai Gas Dominan ke Sektor Listrik

DPS Suplai Gas Dominan ke Sektor Listrik
Listrik Indonesia | PT Dharma Pratama Sejati (DPS) menyuplai gas CNG dan LNG hasil produksinya, didominasi untuk kebutuhan listrik dalam negeri.

Direktur Business Development PT Dharma Pratama Sejati, Zulfa Rafiq Iskandar menerangkan, DPS berkontribusi pada pengembangan distribusi pipa gas dalam skala nasional. Membangun jaringan pipa gas sejauh 18 km dari Porong, Sidoarjo hingga Mojokerto untuk menyuplai gas ke kawasan industri Ngoro Industrial Park. Gas yang disuplai oleh DPS berjenis CNG (Compressed Natural Gas) dan LNG (Liquefied Natural Gas/Gas Alam Cair).

Suplai CNG untuk kebutuhan pembangkit listrik PLN di Duri dan Palembang, DPS juga mengembangkan Transport CNG Marine yang telah mengangkut CNG dari Gresik ke Bawean, proyek ini sangat berharga bagi pulau-pulau terpencil Indonesia. Sementara, saat ini LNG disuplai untuk kebutuhan pembangkit listrik di Sambera, Kalimantan Timur.

Proyek Sambera DPS ditunjuk sebagai operator proyek penyimpanan dan regasifikasi LNG untuk PLTG, proyek ini merupakan  hasil sinergi antara BUMN, PT PLN dan PT Pertamina melalui anak usahanya PT Pertagas Niaga. DPS dipercaya memegang proyek ini bersama Pertagasa lantaran, kemampuan dan pengalamannya selama ini dan tentunya setelah melalui tahapan seleksi. Hingga saat ini, 85% DPS menyuplai gasnya ke PLN.

“Suplai gas kami lebih cenderung ke sektor listrik baik untuk pembangkit listrik milik PLN dan IPP lainnya,” ungkap Rafiq.

DPS saat ini tengah mengembangkan proyek LNG ke wilayah Indonesia Barat dan Indonesia Timur. Selain itu, melihat peluang bisnis di sektor energi baru terbarukan, DPS mulai melakukan investasi di sektor tersebut.

“Faktor kemitraan juga sebagai pendukung kemajuan usaha DPS, kami bemitran dengan perusahaan nasional seperti PLN dan Pertamina juga dengan perusahaan internasional,” pungkasnya. (GC/fr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button