Figure PROFILE
Trending

Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc.: Tanpa Lelah Mengawal Kelistrikan Indonesia

Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc.: Tanpa Lelah Mengawal Kelistrikan Indonesia
Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc.

Listrik Indonesia | Sosok Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. sudah tidak asing bagi para stakeholder energi dan ketenagalistrikan Tanah Air. Putra Minang kelahiran 15 April 1954 ini merupakan ahli energi dan ketenagalistrikan di Indonesia yang merupakan seorang senator, teknokrat, dan profesional.


Sejak menyelesaikan gelar insinyur dari Teknik Elektro ITB pada 1978, Herman Darnel yang akrab disapa Bang HDI ini langsung berkarya di PT PLN (Persero) hingga mencapai posisi puncak sebagai Direktur Transmisi dan Distribusi PLN Persero periode 2003 – 2008.

Berbagai posisi penting di PLN pernah dia duduki, seperti direktur di PT Indonesia Power (2000 – 2003) dan Dirut PT Cogindo Daya Bersama selama 1998 – 1999.


Selama berkarier di PLN, Herman Darnel terus mengasah kemampuannya dengan melanjutkan studi dan mengikuti berbagai pelatihan. Pada 1987, HDI menempuh Program Magister (S2) Power System Analyses di The University of Manchester Institute of Science and Technology (UMIST) di Manchester, Inggris, kemudian melanjutkan Program Doktor (S3) bidang Energi dan Ketenagalistrikan di ITB pada 2004.


Keahliannya kian terasah melalui berbagai pelatihan bergengsi yang diikutinya. Seperti pelatihan Extra High Voltage Design di Newcastle, Inggris selama Maret – Desember 1983, SCADA dan System Operation di Paris, Prancis pada Maret – September 1985, dan System Dinamics di MIT Boston, Amerika Serikat pada Juni 2001.


Meskipun sebagai seorang teknokrat, HDI juga aktif berorganisasi. Dia menjadi Board Member Indonesian Gas Association (1999-2002). Dia juga aktif di Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI). Tidak hanya itu, HDI menjadi Ketua Departemen Energi Konvensional KADIN Indonesia pada 1999 – 2003. Herman Darnel juga pernah menjadi Wakil Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) pada 2001-2003 sekaligus Dewan Penasehat MKI pada 2005, Ketua Umum Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) periode 2001-2003 serta Vice Presiden International Geothermal Association 2013-2016.


HDI juga tidak melupakan almamaternya dengan menjadi anggota Dewan Penyantun Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB pada 2004. Dia juga aktif menulis berbagai karya tulis di berbagai kegiatan serta di media nasional.

Setelah selesai mengabdi di PLN, Herman Darnel masih berkontribusi bagi sektor energi dan kelistrikan negeri ini dengan terpilih menjadi anggota Dewan Energi Nasional (DEN) periode 2009 – 2014. Sebagai profesional bidang kelistrikan, HDI juga menjadi Ketua The International Council on Large Electric Systems (CIGRE) Indonesia.


Tidak hanya seorang teknokrat dan professional, HDI pun sudah mencicipi sebagai senator sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada 2019. Kini, Herman Darnel pun kembali terpilih menjadi anggota DEN periode 2020 – 2025. Dedikasinya sangat luar biasa dan tanpa lelah terus mengawal kemajuan energi dan ketenagalistrikan di Tanah Air.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button