NEWS
Trending

Dua Gardu Induk Total Kapasitas 150 MVA dan Jalur Transmisi Resmi Beroperasi

Dua Gardu Induk Total Kapasitas 150 MVA dan Jalur Transmisi Resmi Beroperasi
Listrik Indonesia - Palembang | Asian Games 2018 menjadi ajang yang bergengsi bagi Indonesia, khususnya Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan (Sumsel) di mata dunia. Pasalnya, Palembang menjadi tuan rumah gelaran olahraga bagi para atlet profesional se-Asia tersebut. Untuk itu, dibutuhkan pasokan listrik yang cukup agar pelaksanaan kegiatannya berjalan lancar.

Dalam hal ini, Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Ishak Mekki dan Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin meresmikan pengoperasian Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) New Jakabaring dan GI 150 kV Gandus dalam rangka memasok listrik Palembang dan untuk mendukung proyek Light Rail Train (LRT) sebagai alat transportasi yang dapat menghubungkan jalur dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II ke Jakabaring Sport Center. Selain diresmikannya dua GI tersebut, dua jalur transmisi 150 kV Phi Incomer yang melewati jalur Mariana-Keramasan dan Keramasan-Talang Kelapa juga resmi beroperasi (30/11).

"Ada tiga upaya PLN untuk mensukseskan even akbar di Palembang, yaitu memperbaiki jaringan transmisi listrik dan membangun lima GI baru di antaranya adalah GI New Jakabaring, GI Gandus, GI Kenten Ekspansi, serta GI yang menggunakan gas insulated yaitu GI Boom Baru dan GI Lebar Daun. Kedua, PLN menyiapkan listrik untuk LRT dengan menggelar jaringan sepanjang 120 km untuk memperkuat listrik di setiap stasiun pemberhentian LRT. Ketiga, menggeser transmisi untuk persiapan grandprix di Jakabaring," jelas Amir Rosidin.

Sebelum GI New Jakabaring beroperasi, listrik untuk Jakabaring dan sekitarnya dipasok dari GI Keramasan, GI Kedukan, GI Bungaran. Untuk listrik di kota Palembang sebelumnya juga dipasok dari GI Talang Ratu, GI Siguntang dan GI IPP Musi 2.

Hadirnya dua GI baru dan transmisi phi incomer ini dipastikan dapat meningkatkan keandalan listrik dan pelayanan di kota Palembang, khususnya untuk Komplek Sport Center Jakabaring Palembang, operasional LRT, instansi, mall, pertokoan, pemukiman penduduk yang akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi kota Palembang.

GI New Jakabaring berlokasi di Kelurahan Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin. Pembangunan GI New Jakabaring dimulai pada 2013 dan mulai energize (beroperasi) pada Oktober 2016. GI ini memiliki trafo dengan kapasitas 1x60 MVA dan terdapat tiga tower V Connection. Nantinya, GI ini akan memenuhi kebutuhan pasokan listrik di daerah Jakabaring dan sekitarnya serta mendukung kebutuhan listrik untuk Asian Games 2018, Jakabaring Sport Center dan operasional LRT.

Sedangkan GI Gandus berlokasi di Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang. Pembangunan GI Gandus dimulai pada 2013 dan mulai energize (beroperasi) pada November 2016. GI ini memiliki trafo dengan kapasitas 1x30 MVA dan 1x60 MVA yang memiliki lima tower V Connection. Kedepannya, GI ini akan memenuhi kebutuhan pasokan listrik di daerah Soekarno-Hatta dan sekitarnya termasuk Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II serta LRT di Bandara tersebut.

Dua transmisi phi incomer tersebut akan mengevakuasi daya dari Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) Keramasan yang selanjutnya akan disalurkan melalui GI New Jakabaring dan GI Gandus.

Beban puncak Palembang saat ini mencapai 574 MW dengan daya mampu pembangkitnya sebesar 760 MW. Ini berarti kebutuhan listrik di Palembang tercukupi, bahkan surplus yang dapat dilihat dari reserve margin-nya. Hingga November 2016, PLN Wilayah S2JB telah melayani 2,8 juta pelanggan, dimana sebanyak 940.514 pelanggan berasal dari Palembang.

Saat ini, rasio elektrifikasi se-wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB) telah mencapai 82,96%. Angka tersebut ternyata sudah melebihi target rasio elektrifikasi S2JB sebesar 82,2%. Sedangkan rasio elektrifikasi Sumsel mencapai 81,42%. (DH)

 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button