NEWS
Trending

Dukung Pariwisata, PLN Kerjasama Dengan Kemenpar dan Pelindo III

Dukung Pariwisata, PLN Kerjasama Dengan Kemenpar dan Pelindo III
Listrik Indonesia - Jakarta | PLN memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan sektor pariwisata nasional dan berkomitmen menjamin pasokan listrik pada 10 Destinasi Pariwisata Prioritas dan 11 wilayah Shore Connection.  Komitmen tersebut diwujudkan melalui penandatanganan 3 Memorandum of Understanding (MoU) bersamaan perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-74 antara PLN dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Pelindo III.

Seperti dirilis Kemenpar, MoU PLN dengan Kemenpar adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik total sebesar 241.000 kVA di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas yang terdiri dari Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta Raya), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Sedangkan dengan Pelindo III,  PLN berkomitmen memasok  listrik untuk memenuhi kebutuhan daya di 11 lokasi Pelabuhan/Terminal PELINDO III. Ini guna mendukung kegiatan operasional pelabuhan dengan pasokan Tegangan Menengah 20 kV (dua puluh kilo volt) dan total daya sebesar 29.892 kVA.

"Penandatanganan MoU ini kita laksanakan atas dasar prinsip kebersamaan saling menghormati dan menguntungkan baik dari sisi potensi maupun nilai strategis," ungkap Plt Direktur Utama (Dirut) PLN, Sripeni Inten Cahyani.

Dengan mendukung kebutuhan listrik destinasi pariwisata prioritas, diharapkan perekonomian ke-10 daerah tersebut dapat tumbuh lebih cepat sehingga pada akhirnya menopang peningkatan jumlah wisatawan baik asing maupun lokal.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, mengatakan,  peran PT PLN (Persero) sebagai BUMN yang bergerak dalam bidang usaha penyediaan tenaga listrik, sangat penting dalam mendukung penyediaan listrik di kawasan pariwisata. “MoU ini bertujuan untuk membangun kemitraan dan sinergi usaha antara stakeholder terkait dengan prinsip saling menguntungkan,” kata Dadang. (AB)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button