ENERGY PRIMER

Dirjen EBTKE: Co-firing Jadi Tumpuan Utama Transisi Energi bagi Negara Agraris

Pemerintah Indonesia sudah menyepakati target _Net Zero Emission_ (NZE) pada 2060. Salah satu langkahnya adalah dengan menurunkan penggunaan pembangkit berbasis fosil.  Untuk itu, PT PLN (Persero) mencoba langkah akselerasi penurunan emisi karbon dengan Read More »
ENERGY PRIMER

Akademisi IPB: Potensi Lahan Kering Untuk Produksi Biomassa Di Pulau Jawa Capai Ratusan Ribu Hektar

Survei Bioenergy and Surfactant Research Center IPB University menyebut di Pulau Jawa saja, dalam area 60 km dari PLTU, tersedia lahan kering hingga 916 ribu hektar yang memadai untuk mendukung kebijakan cofiring 5% pada 16 PLTU milik PLN Read More »
ENERGY PRIMER

Mulan: Image EBET Mahal, Harus Bisa Dipangkas

Indonesia dengan jumlah populasi terbesar ke-4 di dunia (sekitar 273 juta jiwa) menjadi potensi pasar yang luar biasa bagi produsen otomotif. Jangan berharap Indonesia dapat mewujudkan net zero emission di tahun 2060, jika kendaraan berbahan bakar fosil m Read More »
ENERGY PRIMER

Terpilih Menjadi Ketum METI, Wiluyo Ingin Pengembangan EBT Masif Dilakukan

Tepat satu minggu setelah Munas ke-VIII METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia) digelar, akhirnya organisasi yang sudah berdiri sejak tahun 1999 ini, secara sah dan bulat memilih Wiluyo Kusdwiharto sebagai Ketua Umum METI Periode 2022-2025. Read More »
ENERGY PRIMER

Kolaborasi BRIN dan ThorCon Power Berencana Bangunan  PLTN Eksperimental

BRIN dan ThorCon Power Sepakat Untuk Membangun PLTN Eksperimental Berbasis Teknologi Molten Salt Reactor dengan Prinsip Co-Development. Read More »
ENERGY PRIMER

Paul: METI ke Depan Harus Lebih Aktif!

Setelah sempat tarik-ulur akhirnya Musyawarah Nasional ke-VIII Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) sukses digelar pada 22 Juni 2002 kemarin. Munas yang diselenggarakan di Soewarna Hall, Energy Building di Jakarta itu pun akhirnya menghasilkan tu Read More »
ENERGY PRIMER

Harry: Potensi Energi Surya Indonesia Luar Biasa!

Komitmen Indonesia untuk mencapai target penurunan emisi hingga net zero pada tahun 2060 perlu diapresiasi. Cepat atau lambat transisi energi dengan mengoptimalkan energi baru dan energi terbarukan akan menjadi kenyataan. Indonesia sendiri memiliki potens Read More »
ENERGY PRIMER

Pengoperasian PLTU Secara Fleksibel untuk Mengakomodasi Penetrasi Energi Terbarukan Yang Tinggi

ominasi PLTU batubara di sistem kelistrikan Indonesia menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya pemanfaatan potensi teknis energi terbarukan yang melimpah. Sekitar 70% dari pembangkitan listrik di Indonesia masih berasal dari PLTU, di mana sebagian be Read More »
ENERGY PRIMER

Capaian TKDN Pertamina Capai 60 Persen

Pertamina terus menggenjot penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam berbagai proyek strategis nasional. Hasilnya, penggunaan TKDN yang direalisasikan tahun 2021 mencapai 60 persen atau senilai Rp 9,73 triliun. Read More »
ENERGY PRIMER

Progres Proyek Jambaran Tiung Biru Capai 96,88 Persen, Pemerintah Minta Tetap Jaga Keselamatan Migas

Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran Tiung Biru (JTB) hingga pertengahan Mei 2022 telah mencapai 96,88%. Pemerintah terus memonitor dan mendorong agar proyek yang dioperatori PT Pertamina EP Cepu (PEPC) ini dapat segera dilakukan commission Read More »
ENERGY PRIMER

Inovasi Pemanfaatan EBT, PLTMH Panji Muara Pembangkit Listrik Hidro Pertama di Pulau Dewata

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Panji Muara telah menjadi etalase pembangkit berbasis energi baru terbarukan (EBT) di Bali. PLTMH berkapasitas 2 x 700 kiloWatt (kW) ini merupakan pembangkit mini hidro komersial pertama dan satu-satunya di Pu Read More »
ENERGY PRIMER

Gas Bumi Seimbangkan Pemenuhan Kebutuhan Energi dan Target Emisi Karbon

Gas bumi memainkan peranan penting sebagai sumber energi transisi di tengah meningkatnya permintaan energi primer global serta target pencapaian Net Zero Emission (NZE). Pemerintah Indonesia pun tengah gencar memperluas investasi proyek gas dengan mengint Read More »
 
Back to top button